Analisis Komparasi Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Kabupaten Batanghari

FARIDA, LINDA ZAENATI NUR (2019) Analisis Komparasi Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Kabupaten Batanghari. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (683kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Kabupaten Batanghari 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di daerah Batanghari, khususnya SMA N 5 Batanghari, SMA N 6 Batanghari, SMA N 8 Batanghari, SMA N 10 Batanghari pada November-Desember 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa (sebagai data utama). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan uji statistik penelitian komparatif untuk mengetahui kebenaran dari hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antarsekolah di SMA Batanghari. Namun pada beberapa indikator terdapat perbedaan sikap yang signifikan. Antara SMA N 5 Batanghari dengan SMA N 8 Batanghari hanya dibagian indikator sikap terhadap penyelidikan dalam fisika yang memiliki perbedaan yang signifikan. SMA N 5 Batanghari dengan SMA N 10 Batanghari hanya dibagian adopsi sikap ilmiah yang memiliki perbedaan yang signifikan. Sedangkan antara SMA N 6 Batanghari dengan SMA N 8 Batanghari hanya dibagian sikap terhadap penyelidikan dalam fisika yang memiliki perbedaan yang signifikan. Antara SMA N 6 Batanghari dengan SMA N 10 Batanghari hanya dibagian adopsi sikap ilmiah dan kesenangan dalam belajar fisika memiliki perbedaan yang signifikan. antara SMA N 8 Batanghari dengan SMA N 10 Batanghari hanya dibagian sikap terhadap penyelidikan dalam fisika yang memiliki perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih mengembangkan pengajaran yang dapat meningkatkan setiap indikator sikap. Sebab beberapa indikator masih tergolong rendah dan berkategori cukup. Dari perbandingan antar sekolah juga diketahui bahwa setiap sekolah memiliki karakteristik keunggulan dalam beberapa jenis indikator sikap.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LINDA ZAENATI NUR FARIDA
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:44
Last Modified: 25 Mar 2019 03:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7337

Actions (login required)

View Item View Item