Rahmasari, Laila (2024) PERAN GURU PENGGERAK DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA POSITIF DISEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan (1).pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan (1).pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI TERBARU LAILA RAHMASARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRACT One of the positive cultures in SDN 002/XI Pasar Sungai Penuh that must be developed by the driving teacher in carrying out his role is a positive culture of independent learning. This study aims to determine the role of the driving teacher in fostering a positive culture of learning independence at SD Negeri 002/XI Pasar Sungai Penuh. To find out the obstacles faced by the driving teacher in fostering a positive culture of learning independence at SD Negeri 002/XI Pasar Sungai Penuh. In this study, researchers used a qualitative approach with the type of research, namely case studies. This research was conducted at SD 002/XI Pasar Sungai Penuh. The subjects in this study were the Principal and the driving teacher. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is through data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that 1) Teachers in SD 002/XI Pasar Sungai Penuh have a significant contribution in fostering a positive culture of learning independence. 2) To improve the effectiveness of the mobilising teachers' efforts, stronger and more equitable support from the whole school community, increased access to adequate resources, and a more flexible approach to curriculum implementation are needed. Based on the results of the research, it can be concluded that Master Teachers have an important role in fostering a positive culture of learning independence to improve the quality of education in schools and face a number of significant obstacles that need to be overcome. Keywords: master teacher, positive culture, independent learning ABSTRAK Salah satu budaya positif yang yang ada di SDN 002/XI Pasar Sungai Penuh yang harus dikembangkan oleh guru penggerak dalam menjalankan perannya yaitu budaya positif mandiri belajar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peran guru penggerak dalam menumbuhkan budaya positif kemandirian belajar di SD Negeri 002/XI Pasar Sungai Penuh. Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru penggerak dalam menumbuhkan budaya positif kemandirian belajar di SD Negeri 002/XI Pasar Sungai Penuh. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD 002/XI Pasar Sungai Penuh. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan guru penggerak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Guru Penggerak di SD 002/XI Pasar Sungai Penuh memiliki kontribusi yang signifikan dalam menumbuhkan budaya positif kemandirian belajar. 2) Untuk meningkatkan efektivitas upaya Guru Penggerak, diperlukan dukungan yang lebih kuat dan merata dari seluruh komunitas sekolah, peningkatan akses terhadap sumber daya yang memadai, serta pendekatan yang lebih fleksibel dalam pelaksanaan kurikulum. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa Guru penggerak memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya positif kemandirian belajar meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan menghadapi sejumlah hambatan signifikan yang perlu diatasi. Kata Kunci: guru penggerak, budaya positif, mandiri belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | master teacher, positive culture, independent learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RAHMASARI |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 07:44 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |