Pakpahan, Nicolaus (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATION PADA MATERI BARISAN DAN DERET. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS FIX NP UNJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
cover tesis.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (476kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
Abstract
Pakpahan, Nicolaus, 2024. Pengaruh Penggunaan Scaffolding Pada Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Regulation Pada Materi Barisan Dan Deret, Prodi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. Drs. Damris M, M.Sc. Ph.D. (II) Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. Latar belakang pada penelitian ini ditemukan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik rendah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh penggunaan scaffolding pada pembelajaran team assisted individualization (TAI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, 2. Pengaruh self regulation siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, serta 3. Interaksi penggunaan scaffolding pada pembelajaran team assisted individualization (TAI) dan self regulation siswa ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis materi barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan The Pretest Postest Design with Nonequivalent Groups. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas X SMAS Xaverius 1 Jambi tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 326 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XE2 yang terdiri dari 37 siswa, kelas XE3 terdiri dari 36 siswa, dan kelas XE5 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini merupakan lembar observasi untuk model pembelajaran, angket Self Regulation dan tes pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian untuk hipotesis pertama diperoleh nilai
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran team assisted individualization, scaffolding, self regulation, kemampuan pemahaman konsep matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PAKPAHAN |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:31 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |