ANALISIS KEADABAN WARGA NEGARA DIGITAL PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI

SITANGGANG, LOLITA (2025) ANALISIS KEADABAN WARGA NEGARA DIGITAL PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

[img] Text
SKRIPSI FULL LOLITA SITANGGANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
HAL PERSETUJUAN-HAL PENGESAHAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (199kB)

Abstract

Sitanggang, Lolita. 2024. “Analisis Keadaban Warga Negara Digital Pada Pengguna Media Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Jambi". Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Alif Aditya Candra, M.Pd. Pembimbing (2) Nurmalia Dewi, M.Pd. Kata Kunci : Keadaban Warga Negara Digital, Pengguna Media Sosial Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa tentang konsep keadaban digital dan etika menggunakan media sosial. Penelitian ini bertujuan supaya mengetahui hasil analisis keadaban warga negara digital pada pengguna media sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data dan informasi terkait. Dalam penelitian ini, partisipasi dari berbagai latar belakang dilibatkan untuk memperkaya perspektif yang diperoleh. Proses analisis terdiri dari empat tahap : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga indikator aktifitas siswa di media sosial yang perlu dilaksanakan evaluasi dan menjadi perhatian khusus untuk dilaksanakan perbaikan karakter terutama dalam bermedia sosial, tiga indikator tersebut adalah digital literacy (literasi digital), digital communication (komunikasi digital), dan digital right and responsibility (hak dan tanggung jawab digital).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITANGGANG
Date Deposited: 07 Jan 2025 06:40
Last Modified: 07 Jan 2025 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73530

Actions (login required)

View Item View Item