PEMETAAN PENGETAHUAN ETNOSAINS GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUARA BULIAN

SEPTIASARI, RETNO (2019) PEMETAAN PENGETAHUAN ETNOSAINS GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUARA BULIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
REPOSITORY_RETNO_PEMETAAN PENGETAHUAN ETNOSAINS GURU.pdf

Download (452kB)

Abstract

Fokus utama dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pengetahuan etnosains guru sekolah dasar, (2) untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengimplementasikan pengetahuan etnosains serta (3) kendala apa yang guru hadapi dalam mengimplementasikan pengetahuan etnosains di sekolah dasar di Kabupaten Batanghari. Penelitian ini menggunakan metode survei. Berdasarkan penelitian ini, hasil data angket, terlihat bahwa pengetahuan etnosains guru sekolah dasar di Kabupaten Batanghari dalam kategori rendah yaitu 11%, kategori cukup yaitu 61%, dan kategori tinggi yaitu 28%. Hal ini menyatakan bahwa pengetahuan etnosains guru sekolah dasar di Kabupaten Batanghari masuk dalam kategori cukup. Hal ini menyatakan bahwa pengetahuan etnosains guru sekolah dasar di Kabupaten Batanghari masuk dalam kategori cukup. Berdasarkan data wawancara, terlihat bahwa pengimplementasian pengetahuan etnosains guru sekolah dasar di Kabupaten Batanghari belum maksimal. Terdapat berbagai macam kendala yang di hadapi oleh guru yang utama yaitu tidak ada tuntutan dari kurikulum untuk mengaitkan pembelajaran IPA dengan pengetahuan etnosains dan kendala yang lain. Data dokumentasi berupa RPP belum terlihat bahwa guru mengimplementasikan pengetahuan etnosains dalam pembelajaran IPA.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RETNO SEPTIASARI
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:47
Last Modified: 27 Mar 2019 01:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7355

Actions (login required)

View Item View Item