MARLIANDA, RENDI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JUJUHAN TAHUN AJARAN 2017-2018. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JUJUHAN TAHUN AJARAN 2017-2018.
Text
COVER LUAR.pdf Download (10kB) |
||
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (261kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (26kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (35kB) |
Abstract
ABSTRAK Marlianda, Rendi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadapKemampuan Siswa Bermain Drama pada kelas XI SMA Negeri 1 Jujuhan Tahun Ajaran 2017/2018, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs Maizar Karim, M.Hum. (II) Drs Larlen, M.Pd. Kata Kunci: kemampuan bermain drama, media audio visual, pengaruh Penelitian ini adalah bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan bermain drama di kelas XI SMA Negeri 1 Jujuhan Kabupaten Bungo Tahun Pelajaran 2017-2018. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini adalah nilai pretes dan postes kemampuan siswa bermain drama, baik itu kelompok eksperimen kelas XI IPS I maupun kelompok kontrol kelas XI IPS II. Dari hasil pretes siswa pada kelas XI IPS I mendapatkan nilai rata-rata 58,33, sedangkan dari hasil pretes siswa kelas XI IPS II mendapatkan nilai rata-rata 55,29. Setelah melakukan pretes siswa akan diberi perlakuan yaitu, XI IPS I menggunakan media audio visual, dan pada kelas XI IPS II tidak menggunakan media audio visual. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio visual hasil postes pada siswa kelas XI IPS I memperoleh nilai rata-rata 84,33. Adapun yang mendapatkan nilai 77,5 berjumlah dua orang, siswa dengan nilai 80 berjumlah dua orang, siswa dengan nilai 82,5 berjumlah sembilan orang, siswa dengan nilai 85 berjumlah tiga belas orang, siswa dengan nilai 87,5 berjumlah tiga orang. Sedangkan dari hasil postes pada siswa kelas XI IPS II memperoleh nilai rata-rata 71,78. Adapun yang mendapatkan nilai 60 satu orang, siswa dengan nilai 62,5 berjumlah empat orang, siswa dengan nilai 65 berjumlah dua orang, siswa dengan nilai 67,5 berjumlah tiga orang, siswa dengan nilai 70 berjumlah dua orang, siswa dengan nilai 72,5 sembilan orang, dan siswa dengan nilai 75 sembilan orang. Selanjutnya data diolah untuk melihat normalitasnya dari kedua sampel tersebut. diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) pada skor postes eksperimen 0,35 > 0,05 sedangkan pada skor postes kontrol adalah 0,22 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data dari kelas ekperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi 0,023 > 0,05, dapat disimpulkan bahwa data penelitian yang diperoleh peneliti normal dan homogen, sehingga bisa dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t. Selanjutnya hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai t hitung lebih besar dari t table yaitu 3,305>1.672 pada df 57, maka Ha dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan bermain drama siswa sebelum menggunakan media dengan sesudah menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 1 Jujuhan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RENDI MARLIANDA |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 04:13 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7365 |
Actions (login required)
View Item |