Addayan, Muhammad Idris and Mulyadi, Mulyadi and Masbirorotni, Masbirorotni Analisis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Profesional Guru Di Indonesia. Jurnal Generasi Ceria Indonesia.
![]() |
Text
5060 Download (29kB) |
Abstract
Abstrak: Latar belakang: Persoalan pendidikan yang dihadapi oleh Indonesia saat ini, bukan lagi hanya mengupayakan pendidikan yang dapat diakses (accessible) oleh setiap warga negaranya, tetapi juga membenahi kualitas pendidikannya. Saat ini, upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan menghadapi kendala yang cukup serius, mengingat saat ini evaluasi belajar akhir nasional tidak lagi ditentukan oleh Ujian Nasional, tetapi sepenuhnya ditentukan oleh sekolah dan guru. Mengingat pentingnya guru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, maka guru perlu dipersiapkan sedemikian rupa untuk menjadi guru yang profesional, yang salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui program pendidikan profesi guru (PPG). Metode penelitian: Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber perpustakaan, dokumen atau jurnal ilmiah dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran tentang yang telah dilakukan orang lain sebelumnya. Hasil penelitian: Program PPG merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dimana melalui PPG guru dapat meningkatkan kemampuan dalam memilih dan menguasai bahan ajar, merencanakan, mengembangkan, dan mengaktualisasi terlaksananya proses belajar mengajar yang produktif yang sesuai dengan standar kompetensi profesional guru. Kesimpulan: Dan melalui program PPG ini lah calon guru yang terpilih memang sesuai dengan kemampuan dan kriteria yang dibutuhkan disekolah itu sendiri.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Masbirorotni |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 08:57 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |