PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KETERPADUAN TIPE NESTED (TERSARANG

Nurpaizah, Nurpaizah (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KETERPADUAN TIPE NESTED (TERSARANG. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
4. BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
6. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (449kB)
[img] Text
7.TESIS full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nurpaizah, 2024. Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Sistem Pernapasan Kelas XI Sekolah Menengah Atas Dengan Menggunakan Model Keterpaduan Tipe Nested (Tersarang). Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. Pembimbing II Prof. Dr. Dra. Risnita, M.Pd. Satuan pendidikan diwajibkan untuk melaksanakan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangakan Instrumen Penilaian Materi Sistem Pernapasan Kelas XI Sekolah Menengah Atas Dengan Menggunakan Model Keterpaduan Tipe Nested (Tersarang) yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran maupun setelah pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengunakan metode pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan lembar penilaian validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan Kualitatif. Hasil validasi ahli materi dan ahli instrumen menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak untk digunakan. Penilaian guru dan respons peserta didik adalah sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis angket validasi materi dan validasi instrumen diperoleh rata-rata persentase skor 88,5% dengan kategori sangat layak dan hasil analisis respons guru dan peserta didik dengan skor persentase 87,5% dengan kategori sangat praktis. Instrumen penilaian yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai proses pembelajaran maupun setelah pembelajaran berlangsung dan membantu guru dalam mengembangkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam melakukan pembelajaran berbasis model keterpaduan Tipe Nested (tersarang). Kata Kunci : Instrumen Penilaian, model keterpaduan Nested (tersarang), materi sistem pernapasan Nurpaizah, 2024. The Development of an Assessment Instrument for Respiratory System Material for Class XI High School Using Nested Integration Model. Thesis. Science Education Master's Program of Jambi University. Supervisor I Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. Supervisor II Prof. Dr. Dra. Risnita, M.Pd. Education units are required to carry out learning planning, implementation of the learning process and assessment of the learning process. The aim of this research is to develop an assessment instrument for Respiratory System Material for Class This development research uses the ADDIE development method. The research instruments used in this research were interviews, questionnaires and validation assessment sheets. The data analysis technique used in this research is descriptive research with a quantitative approach. The validation results of material experts and instrument experts show that the assessment instrument developed is suitable for use. Teacher assessments and student responses are very good. The results of the research show that the assessment instrument developed based on the results of material validation questionnaire analysis and instrument validation obtained an average percentage score of 88.5% in the very feasible category and the results of the analysis of teacher and student responses with a percentage score of 87.5% in the very practical category. The assessment instruments developed can be used to assess the learning process and assist teachers in developing students' knowledge and skills competencies in carrying out learning based on the Nested integration model. Keywords : Assessment Instrument, Nested integration model, respiratory system material

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, model keterpaduan Nested (tersarang), materi sistem pernapasan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: NURPAIZAH
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:35
Last Modified: 09 Jan 2025 01:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73778

Actions (login required)

View Item View Item