Nurlaini, Nurlaini (2024) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GROUP INVESTIGATION TERINTEGRASI SMARTPHONE SEBAGAI MINI LABS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Nurlaini, 2025. Keefektifan Pembelajaran Fisika Berbasis Group Investigation Terintegrasi Smartphone Sebagai Mini-Labs Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Tesis program studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. Dr. rer.nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si.II Dr. Tanti, S.Si., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran fisika berbasis Group Investigation (GI) terintegrasi smartphone sebagai mobile mini lab untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan post test control group design. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa kelas XI IPA SMAN 10 Kota Jambi yang terbagi dalam kelas eksperimen (n=36) dan kelas kontrol (n=36). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan checklist keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan adanya perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara kedua kelompok (p<0,05), dengan nilai effect size yang tinggi (r=0,86). Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi pada semua dimensi keterampilan proses sains, terutama pada komunikasi, pengumpulan dan pengolahan data, serta desain eksperimen. Hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan pelaksanaan yang efektif dengan skor rata-rata pelaksanaan sebesar 3,75 dari skor maksimal 4. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika berbasis GI terintegrasi telepon pintar sebagai mini lab keliling efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, dan memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran fisika inovatif berbasis teknologi. Kata Kunci : Group Investigation (GI), mobile mini lab, keterampilan proses sains Nurlaini, 2025. Unlocking scientific potential: Using smartphones as mobile mini-labs to improve students’ science process skills. Thesis. Science Education Master's Program of Jambi University. Supervisor I Prof. Dr.rer.nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. Supervisor II Dr. Tanti, S.Si., M.Si. This study aims to analyze the effectiveness of physics-based learning based on smartphone- integrated Group Investigation (GI) as a mobile mini-labs to improve students' science process skills in learning physics. This study is a quasi-experimental research with a post-test control group design. The research sample consisted of 72 students in class XI of Science at SMAN 10 Jambi City which was divided into an experimental class (n=36) and a control class (n=36). Data were collected using science process skills observation sheets and a learning implementation checklist. The results of the analysis using the Mann-Whitney U test showed a significant difference in science process skills between the two groups (p<0.05), with a high effect size value (r=0.86). Experimental classes showed higher improvements in all dimensions of science process skills, especially in communication, data collection and processing, and experiment design. Observation of learning implementation showed effective implementation with an average implementation score of 3.75 out of a maximum score of 4. These findings indicate that smartphone-integrated GI-based physics learning as mobile mini-labs is effective in improving students' science process skills, and provides important implications for the development of innovative physics-based learning strategies based on technology. Keywords: Group Investigation (GI), mobile mini lab, science prosess skilss
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation (GI), mobile mini lab, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Nurlaini |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |