Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Di SMP Negeri 32 Merangin

SARI, ENDANG PUSPITA (2025) Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Di SMP Negeri 32 Merangin. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Endang.pdf

Download (240kB)
[img] Text
ABSTRAK Endang.pdf

Download (272kB)

Abstract

Tujuan utama pendidikan adalah membentuk kepribadian yang berakhlaqulkarimah pada peserta didik, salah satu uapaya dalam membentuk karakter peserta didik adalah melalui ektrakurikuler kepramukaan. Kegiatan pramuka memberikan penguatan pendidikan karakter kepada siswa melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir sekaligus membentuk sikap postif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepmanajemenpendidikankarakter melalui pembelajaran ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 32 Merangin dan mengetahui kendala dan solusi dalam manajemen pendidikan karakter melalui pembelajaran ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 32 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitianlapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah empat orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenetasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkanbahwa: manajemen pendidikan karakter melalui ektrakurikuler pramuka di SMPN 32 Merangin memiliki beberapa fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, 1) perencanaan dengan membentuk team work dengan menunjuk pembina pramuka, mengevaluasi perencanaan tahun sebelumnya dan pentapan program perencanaan. 2) pengorganisasian dilaksanakan dengan pengrekrutan anggota pramuka sebagai pasukan khusus yang bertanggung jawab. 3) pelaksanaan sesuai dengan program yang telah ditetapkan diantaranya latihan rutih, musyawarah gugus depan, kegiatan perkemahan, perlombaan, perekrutan anggota baru. dari pelaksanaan ini akan terbentuk karakter kemandirian, tanggunng jawab, kerja sama, kasih sayang, displin,toleransi, serta berakhlak 4) pengawasan dilakukan yakni penilaian harian, evaluasi program pramuka. Faktor pendukung manajemen pendidikan karakter melalui ekstrakurikkuler pramuka adalah kelengkapan sarana dan prasarana pramuka, dukungan guru dan kepala sekolah, pendanaan yang cukup. Sedangkan Faktor penghambat adalah kurangnya minat siswa, cuaca yang sulit diprediksi untuk latihan diluar ruangan.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan karakter, Ektrakuliruler, Pramuka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: sari
Date Deposited: 09 Jan 2025 00:49
Last Modified: 09 Jan 2025 00:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73810

Actions (login required)

View Item View Item