SARI, ENDANG PUSPITA (2025) Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Di SMP Negeri 32 Merangin. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
Full Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Endang.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK Endang.pdf Download (272kB) |
Abstract
Tujuan utama pendidikan adalah membentuk kepribadian yang berakhlaqulkarimah pada peserta didik, salah satu uapaya dalam membentuk karakter peserta didik adalah melalui ektrakurikuler kepramukaan. Kegiatan pramuka memberikan penguatan pendidikan karakter kepada siswa melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir sekaligus membentuk sikap postif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepmanajemenpendidikankarakter melalui pembelajaran ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 32 Merangin dan mengetahui kendala dan solusi dalam manajemen pendidikan karakter melalui pembelajaran ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 32 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitianlapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah empat orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenetasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkanbahwa: manajemen pendidikan karakter melalui ektrakurikuler pramuka di SMPN 32 Merangin memiliki beberapa fungsi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, 1) perencanaan dengan membentuk team work dengan menunjuk pembina pramuka, mengevaluasi perencanaan tahun sebelumnya dan pentapan program perencanaan. 2) pengorganisasian dilaksanakan dengan pengrekrutan anggota pramuka sebagai pasukan khusus yang bertanggung jawab. 3) pelaksanaan sesuai dengan program yang telah ditetapkan diantaranya latihan rutih, musyawarah gugus depan, kegiatan perkemahan, perlombaan, perekrutan anggota baru. dari pelaksanaan ini akan terbentuk karakter kemandirian, tanggunng jawab, kerja sama, kasih sayang, displin,toleransi, serta berakhlak 4) pengawasan dilakukan yakni penilaian harian, evaluasi program pramuka. Faktor pendukung manajemen pendidikan karakter melalui ekstrakurikkuler pramuka adalah kelengkapan sarana dan prasarana pramuka, dukungan guru dan kepala sekolah, pendanaan yang cukup. Sedangkan Faktor penghambat adalah kurangnya minat siswa, cuaca yang sulit diprediksi untuk latihan diluar ruangan.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan karakter, Ektrakuliruler, Pramuka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sari |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 00:49 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 00:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |