ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA JAMBI

ita, Iftitah (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA JAMBI. Syntax Literate, 8 (4). ISSN 2541-0849

[img] Text
JURNAL_IFTITAH (A1C419056).pdf

Download (345kB)
Official URL: https://www.jurnal syntaxliterate.co.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan penentuan subyek penelitian menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menurut Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri Kota Jambi dilakukan dengan menyiapkan modul ajar dan mengkomunikasikan agar siswa memahami ilmu yang dipelajari. Mengajukan pertanyaan tentang mata pelajaran yang dipelajari. Gaya belajar visual yang memungkinkan siswa menghafal materi hanya dengan membaca di buku. Artikulasi dimana siswa didorong untuk berani menjelaskan kembali apa yang telah dipahami dan dipraktekkan dengan gerakan. Sharing (berbagi) pemahaman dengan teman untuk mengingat apa yang telah dipelajari. Selain itu penggunaan sumber belajar, metode, model dan media disesuaikan dengan kekhususan mata pelajaran khususnya siswa. Hambatan yang dihadapi guru biologi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di pembelajaran Biologi diantaranya keterbatasan perangkat ajar, pengetahuan kurikulum merdeka, media belajar, referensi atau buku dan sosialisasi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: IFTITAH
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:54
Last Modified: 09 Jan 2025 01:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73812

Actions (login required)

View Item View Item