Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN Kota Jambi

Al-Qodri, Muhammad Yusuf (2025) Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (747kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Lembar pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (100kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Era Digital merupakan era dimana semakin pesatnya perkembangan dan persaingan teknologi di dunia, terutama dunia pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan platform digital sebagai media literasi atau dapat disebut dengan literasi digital. Dengan literasi digital siswa dapat mempelajari materi pembelajaran yang dapat di visualisasikan dalam berbagai format atau bentuk yang lebih dinamis dan interaktif sehingga siswa dapat termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi uasaha dan energi di kelas XI SMAN 1 Kota Jambi. Manfaat penelitian ini dapat menambah wawasan bagi peneliti dalam memahami Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi uasaha dan energi di kelas XI SMAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI SMAN 1 Kota Jambi yang dimana total seluruh kelasnya adalah 353 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-F1, XI-F2, XI-F8, dan XI-F10. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dimana seluruh anggota populasi diambil secara acak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket kognitif dan test. Data penelitian diambil dengan menggunakan metode survei kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, Instrumen yang digunakan angket dan test. Salah satu analisis data kuantitatif yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Tingkat kemampuan literaasi digital siswa kelas XI SMAN 1 Kota Jambi dinyatakan dalam kategori tinggi yaitu sebesar 52%. (2) Tingkat hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi XI di SMAN 1 Kota Jambi dinyatakan dalam kategori sedang yaitu 31%. (3) Kemampuan literasi digital siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan emergi kelas XI di SMAN 1 Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh yaitu Thitung (2,062) > Ttabel (1,977) dan nilai signifikansi (0,041) < (0,05) maka H0 di tolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa materi usaha dan energi kelas XI SMAN 1 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran fisika, hasil Belajar, literasi digital, pengaruh.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Qodri
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:16
Last Modified: 09 Jan 2025 01:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73829

Actions (login required)

View Item View Item