KONSEP SEKOLAH ALAM DI SMP ALAM AL FATH JAMBI DITINJAU DARI AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA, SUMBER BELAJAR IPA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA

Andriani, Nova (2025) KONSEP SEKOLAH ALAM DI SMP ALAM AL FATH JAMBI DITINJAU DARI AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA, SUMBER BELAJAR IPA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (620kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Andriani, Nova. 2024. Konsep Sekolah Alam di SMP Alam Al Fath Jambi di Tinjau dari Aktivitas Pembelajaran IPA, Sumber Belajar IPA dan Lingkungan Belajar Siswa. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Nazarudin, S.Si., M.Si., Ph.D Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep Sekolah Alam di SMP Alam Al Fath Jambi ditinjau dari aktivitas pembelajaran IPA, sumber belajar IPA, dan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran (deskripsi) yang objektif tentang suatu fenomena tertentu. Data berupa kalimat pernyataan dan uraian yang memiliki makna dan nilai tertentu yang diperoleh dari pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sesuai dengan metodologi penelitian data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan deskripsi tentang Sekolah Alam. Observasi dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai jenis aktivitas belajar yang diterapkan di kelas, sementara wawancara digunakan untuk mendapatkan wawasan mengenai persepsi dan pengalaman peserta didik serta pendidik. Analisis dokumen melibatkan peninjauan materi pembelajaran dan penilaian untuk memahami keterkaitannya dengan lingkungan belajar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai konsep sekolah alam yang diterapkan di SA SMP Alam Al Fath Jambi serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan praktik pendidikan di masa depan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas pembelajaran IPA di SMP Alam Al Fath Jambi sesuai dengan konsep sekolah alam. Guru menggunakan metode yang beragam (Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning), pembelajaran experiential, pembelajaran berbasis alam, pembelajaran kolaboratif, pendekatan holistic dan pengajaran kontekstual (contextual Teaching and learning)) dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar utama. Selain itu, pembelajaran dilakukan tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga melalui kegiatan di luar kelas seperti jelajah alam sekitar dan eksperimen lapangan. Hal ini mencerminkan pendekatan pembelajaran yang menekankan pengalaman langsung dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. (2) Sumber pembelajaran IPA di SMP Alam Al Fath Jambi sesuai dengan konsep sekolah alam. Guru memanfaatkan lingkungan sekitar, termasuk kebun sekolah dan area outbound siswa, sebagai sumber pembelajaran. Selain itu, terdapat kolaborasi dengan ahli lokal dan penggunaan bahan alami sebagai materi ajar. Hal ini menunjukkan komitmen sekolah dalam memperluas cakupan pembelajaran di luar kelas dan memanfaatkan sumber daya alam sebagai sarana pembelajaran yang efektif. (3) Lingkungan belajar siswa di SMP Alam Al Fath Jambi juga sesuai dengan konsep sekolah alam Dimana Lingkungan belajar di Sekolah Alam SMP Alam Al Fath Jambi dilihat dari beberapa dimensi berdasarkan kuesioner WIHIC untuk mengetahui dimensi lingkungan belajar yang memiliki beberapa karakteristik utama yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran meliputi : Kekompakan Siswa, Dukungan Guru, Keterlibatan, Orientasi Tugas, Kerjasama, Kesetaraan, Kesenangan dan Efektivitas Akademik. Kata Kunci : Sekolah Alam, aktivitas pembelajaran IPA, sumber belajar IPA, dan lingkungan belajar siswa Andriani, Nova. 2024. Konsep Sekolah Alam di SMP Alam Al Fath Jambi di Tinjau dari Aktivitas Pembelajaran IPA, Sumber Belajar IPA dan Lingkungan Belajar Siswa. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Nazarudin, S.Si., M.Si.,Ph.D The purpose of this study was to describe the concept of Sekolah Alam at Al Fath Jambi Junior High School in terms of science learning activities, science learning resources, and the student learning environment. This research uses a qualitative descriptive design to provide an objective description of a particular phenomenon. Data in the form of statement sentences and descriptions that have certain meanings and values obtained from data collection from interviews, observations, and documentation. In accordance with the research methodology, the data obtained was then analyzed qualitatively to obtain a description of Sekolah Alam. Observations were made to identify the different types of learning activities implemented in the classroom, while interviews were used to gain insight into the perceptions and experiences of learners and educators. Document analysis involved reviewing learning and assessment materials to understand how they relate to the learning environment. The results of the study are expected to provide a comprehensive overview of the nature school concept implemented at SA SMP Alam Al Fath Jambi as well as provide recommendations for the improvement of educational practices in the future. The results in this study indicate that (1) Science learning activities at Alam Al Fath Jambi Junior High School are in accordance with the concept of nature school. Teachers use a variety of methods (Project-Based Learning, experiential learning, nature-based learning, collaborative learning, holistic approach and contextual teaching and learning) and utilize the surrounding environment asthe main learning resource. In addition, learning is done not only in the classroom, but also through activities outside the classroom such as exploring the natural surroundings and field experiments. This reflects a learning approach that emphasizes direct experience and active student involvement in the learning process. (2) Science learning resources at Al Fath Jambi Natural Junior High School are in accordance with the concept of natural schools. Teachers utilize the surrounding environment, including school gardens and student outbound areas, as learning resources. In addition, there is collaboration with local experts and the use of natural materials as teaching materials. This shows the school's commitment in expanding the scope of learning outside the classroom and utilizing natural resources as an effective learning tool. (3) The learning environment of students at SMP Alam Al Fath Jambi is also in accordance with the concept of natural schools where the learning environment at Sekolah Alam SMP Alam Al Fath Jambi is seen from several dimensions based on the WIHIC questionnaire to determine the dimensions of the learning environment which has several main characteristics that support the success of the learning process including: Student Cohesiveness, Teacher Support, Involvement, Task Orientation, Cooperation, Equality, Fun and Academic Effectiveness. Keywords: Sekolah Alam, science learning activities, science learning resources, and student learning environment

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: : Sekolah Alam, aktivitas pembelajaran IPA, sumber belajar IPA, dan lingkungan belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: NOVA ANDRIANI
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:03
Last Modified: 09 Jan 2025 02:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73848

Actions (login required)

View Item View Item