Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kartun Berbasis Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bhinneka Tunggal Ika SMA Negeri 4 Kota Jambi

-, Yulianti (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kartun Berbasis Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bhinneka Tunggal Ika SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (JPKN), 9 (2). ISSN 2337-8891

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan atau Bab V.pdf

Download (664kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (560kB)

Abstract

Yulianti, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kartun Berbasis Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bhinneka Tunggal Ika SMA Negeri 4 Kota Jambi: Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Alif Aditya Candra, M.Pd. (II) Siti Tiara Maulia, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Video Animasi Kartun, Aplikasi Tiktok, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang berada pada kategori tidak kritis dengan persentase 89% yang menyebabkan hasil UAS siswa banyak yang tidak tuntas dengan hanya mendapatkan nilai rata-rata 55. Dari hasil wawancara Peneliti dengan guru diketahui bahwa siswa kurang memahami pelajaran Pendidikan Pancasila. Faktor lainnya diungkapkan siswa bahwa siswa merasa kurang tertarik mempelajari Pendidikan Pancasila yang mengakibatkan siswa tidak memahami materi Bhinneka Tunggal Ika dengan baik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran berupa video animasi kartun berbasis aplikasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bhinneka Tunggal Ika SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,and Evaluation). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran video animasi kartun berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bhinneka Tunggal Ika SMA Negeri 4 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota jambi dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam validasi bahasa media mendapat nilai sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak digunakan, validasi ahli materi mendapat nilai sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak digunakan, validasi media mendapat nilai sebesar 83,33% dengan kriteria sangat layak digunakan. Kemudian penilaian oleh validasi praktisi mendapat nilai sebesar 92,5% dengan kriteria sangat praktis digunakan, uji coba kelompok kecil pada siswa mendapat nilai sebesar 95% dengan kriteria sangat layak dan uji coba kelompok besar mendapat nilai sebesar 91% dengan kriteria sangat layak digunakan serta hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 94% dengan kriteria sangat kritis. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasi kartun berbasis aplikasi TikTok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bhinneka Tunggal Ika melalui hasil uji validasi ahli, validasi praktisi, hasil angket respon peserta didik dinyatakan produk sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran serta layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bhinneka Tunggal Ika kelas X Kurikulum Merdeka.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: YULIANTI
Date Deposited: 10 Jan 2025 01:48
Last Modified: 10 Jan 2025 02:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73911

Actions (login required)

View Item View Item