PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN STIFIn BERORIENTASI PADA KOMPETENSI ABAD 21

Fitriani, Junita (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN STIFIn BERORIENTASI PADA KOMPETENSI ABAD 21. S2 thesis, Magister Pasca Sarjana Bahasa Indonesia.

[img] Text
BAB I sd V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (977kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

Fitriani, Junita. 2024. Pengembangan Bahan Ajar Materi Teks Deskripsi Menggunakan STIFIn Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. (II) : Dr. Mukhlas Abrar.,S.S., M.Hum Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Kompetensi Abad 21, Materi Teks Deskripsi Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) menjelaskan proses pengembangan, 2) uji kemenarikan dan, 3) uji keefektifan produk bahan ajar menggunakan STIFIn yang memiliki muatan kompetensi abad 21 pada materi teks deskripsi kelas 21. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Four-D (4-D) sebagai dasar pengembangan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Subjek dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli materi, ahli media pembelajaran, 20 peserta didik kelas IX SMPIT Nurul Ilmi sebagai uji coba kelompok besar, 3 peserta didik kelas IXA SMPIT Nurul Ilmi sebagai uji coba kelompok kecil dan 1 praktisi yaitu guru bahasa Indonesia kelas IXA SMPIT Nurul Ilmi. Jenis data yang diperoleh yaitu data kuantitatif berupa skor angket validasi produk respon siswa, dan praktisi serta data kualitatif berupa komentar dan saran pada angket validasi produk. Pada tahap define peneliti melakukan analisis kebutuhan awal dan analisi awal dan akhir. Tahap design peneliti merancang desain pengembangan dan storyboard, menentukan tim pengembangan, menyusun jadwal pengembangan, merancang struktur dan alur konten, mendesain bahan ajar melalui platform canva, menyusun LKPD, modul ajar, asesmen awal, pre test dan post test serta presensi diberbagai platform. Tahap develop peneliti mengintegrasikan bahan ajar dan perangkat ajar yang telah didesain melalui platform kodular, kemudian dilakukan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi uji media mendapatkan presentase sejumlah 95% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi mendapatkan presentasi sejumlah 86% dengan kategori sangat valid. Tahap disseminate peneliti melakukan penyebaran kepada peserta didik dan guru bidang studi setelah bahan ajar dinyatakan valid dan layak diuji cobakan kepada peserta didik. Hasil analisis uji kemenarikan melalui angket respon siswa kelompok kecil memperoleh presentase sejumlah 94,4% dengan kategori sangat menarik, dan kelompok besar memperoleh presentase sejumlah 81,4% dengan kategori menarik serta praktisi memperoleh presentase sejumlah 78,5% dengan kategori menarik. Kemudian Hasil analisis uji keefektifan melalui hasil belajar peserta didik melalui kegiatan pre test memperoleh nilai rata-rata sejumlah 68,20 dan nilai rata-rata pos test sejumlah 88.00 kemudian peneliti menganalis menggunakan rumus N-Gain dan mendapatkan skor sejumlah 0,62 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar menggunakan STIFIn yang mengintegrasikan kompetensi abad ke-21 pada materi teks deskripsi kelas IX telah berhasil dikembangkan dengan baik, layak digunakan dalam pembelajaran dan menarik bagi peserta didik, serta dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi pembelajaran abad ke-21.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Junita Fitriani
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:01
Last Modified: 10 Jan 2025 02:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73926

Actions (login required)

View Item View Item