Implemantasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kinerja guru di SMA Negeri 1 Muaro Jambi

Kasih, Aminah Chandra and Yanto, Yanto and Indriyani, Indriyani (2025) Implemantasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kinerja guru di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
TESIS AMINAH CHANDRA KASIH Oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkam kinerja guru di SMA Negeri 1 Muaro Jambi, kendala dalam implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Muaro Jambi dan mengetahui apa solusi dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang beralamat di diì Jalan Liìntas Jambiì Muara Buliìan Km 20, Piìjoan, Kec. Jambiì Luar Kota, Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan study kasus. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan kuriìkulum merdeka dalam meniìngkatkan kinerja guru dapat ditampilkan beberapa hal yakni: 1) kepala sekolah mengadakan kegiatan seperti Seminar, Workshop, dan IHT di sekolah , 2) Sekolah mengundang instansi yang berwenang dalam rangka meningkatkan kinerja guru dalam penerapan kurikulum merdeka, 3) Guru mengisi Aplikasi PMM lalu dari situ ada SKP yang biasanya dketahui dan ditandatangani oleh kepala sekolah, 4) Kepala sekolah memberiìkan reward bagi guru yang memiliki kinerja baik, Kendala dan tantangan dalam implementasi kebijakan kurikulum merdeka untuk meningkatkan kinerja guru masih menemui beberapa kendala. Hal ini dibuktikan dengan beberapa hal yang ditemukan kepala sekolah diantaranya: 1) Membutuhkan waktu, proses dan pemahaman yang Panjang dalam penerapan kurikulum merdeka, 2) Pembelajaran Berdifrensiasi, 3) Sarana prasaran yang kurang mendukung, 4). Dukungan dan support dari sekolah, 5). Pemahaman aplikasi dan sejenis lainnya dalam penerapan kurikulum merdeka, Solusi yang ditawarkan dan diberikan kepala sekolah dalam hal meningkatkan kinerja guru melalui implementasi kebijakan kurikulum merdeka yaitu: 1) Memberiìkan motivasi kepada guru-guru, 2) Mengadakan pelatihan disekolah. 3) Mengadakan Kerjasama antara siswa dan guru dengan semua warga sekolah, 4) Berkolaborasi dengan teman sejawat di sekolah, 5) Mengadakan kegiatan antara komite sekolah dan sekolah untuk meningkatan kinerja guru dalam penerapan kurikulum Merdeka.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Aminah Chandra Kasih
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:00
Last Modified: 10 Jan 2025 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73978

Actions (login required)

View Item View Item