MISLISA, NOVA ANALISIS DISIPLIN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA DI KELAS XI IPS SMAN 10 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS DISIPLIN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA DI KELAS XI IPS SMAN 10 KOTA JAMBI.
Text
COVER NOVA.docx Download (28kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (577kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI NOVA-1.docx Download (21kB) |
||
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
||
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Mislisa, Nova . 2018. Analisis Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI IPS SMA N 10 Kota Jambi.Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H.Irwan, M.Pd, (II) Heri Usmanto, M.Pd Kata kunci: Disiplin belajar Disiplin belajar merupakan serangkaian perilaku seseorang yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan, tata tertib norma kehidupan yang berlaku karena didorong adanya kesadaran diri dalam dirinya untuk melaksanakan tujuan belajar yang diinginkan. Disiplin belajar sangat penting dalam proses pendidikan, digunakan terutama untuk memotivasi siswa agar dapat mendisiplinkan dari dalam belajar disekolah maupun diluar sekolah, disamping itu disiplin belajar juga dapat bermanfaat mendidik siswa untuk mematuhi peraturan, prosedur, maupun kebijakan yang ada, sehingga dapat menghasilkan watak dan kepribadian yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dilaksanakan di SMA N 10 Kota Jambi pada siswa kelas XI IPS. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, diolah dengan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor yang mempengaruhi disiplin belajar, Pertama faktor dari dalam (Intern) yang berupa kesadaran diri yang mendorong seseorang untuk menerapkan disiplin pada dirinya. Kedua faktor dari luar (Ekstern) yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Berdasarkan penelitian ini diharapkan disiplin belajar di dalam kelas dapat berjalan dengan baik, dengan membentuk interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran karena memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah terjadinya pelanggaran disiplin belajar itu sendiri. Dengan adanya disiplin dalam proses pembelajaran menjadikan proses tersebut berlangsung dengan baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVA MISLISA |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 04:14 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 04:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7398 |
Actions (login required)
View Item |