Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Kelas IV di Sekolah Dasar

Hayu Agustin, Intan dwi (2025) Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Kelas IV di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak .pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (171kB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (431kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (325kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Agustin, Intan Dwi Hayu. 2024. Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Kelas IV di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd., I., M. Ag. (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Inovasi, Guru, Pembelajaran, Kelas IV, Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi guru dalam pembelajaran kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 198/I Pasar baru pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek Penelitian ini adalah guru kelas IV. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi (sebagai data pendukung). Uji Validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa adanya inovasi guru dalam pembelajaran kelas IV di SD Negeri 298/I Pasar Baru. Inovasi yang dilaksanakan guru kelas IV yaitu kebaruan melalui strategi pembelajaran, model, metode, dan media pembelajaran. Pertama, Inovasi strategi Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan atau bisa disebut dengan strategi pembelajaran PAKEM. Strategi tersebut merupakan cara yang diterapkan guru kelas IV untuk menghasilkan perubahan dalam pembelajaran yang lebih aktif dan memotivasi siswa. Kedua, inovasi model pembelajaran berdiferensiasi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan menyesuaikan perbedaan dalam kemampuan, minat dan cara belajar siswa kelas IV. Ketiga, inovasi metode permainan atau disebut dengan (metode gamifikasi) yaitu pembelajaran yang dilaksanakan dengan menyertai elemen permainan berbasis kuis untuk siswa dengan menggunakan platform online yaitu media wordwall tujuan dari inovasi metode permainan guru kelas IV yaitu agar aktivitas pembelajaran terasa lebih menarik dan sebagai bentuk penilaian guru kepada siswa untuk melihat sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran. Keempat, inovasi media pembelajaran yaitu dengan menggunakan media interaktif seperti video pembelajaran dan aplikasi worldwall pada platform online. Adapun faktor pendukung yaitu melalui kolaborasi sesama guru dan beberapa kegiatan pelatihan atau worshop yang diikuti guru kelas IV. Disamping faktor pendukung juga adanya hambatan yang dialami guru yaitu dengan keterbatasan waktu untuk memahami kebaruan-kebaruan berbasis teknologi terkini untuk bisa diterapkan dipembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan inovasi guru dalam pembelajaran kelas IV di SD Negeri 198/I Pasar Baru telah mengupayakan adanya bentuk inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ke arah yang lebih baik

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Guru, Pembelajaran, Kelas IV, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: INTAN DWI HAYU AGUSTIN
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:37
Last Modified: 10 Jan 2025 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73980

Actions (login required)

View Item View Item