PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (SHOPEEPAY) TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Anindito, Ridho (2024) PENGARUH PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (SHOPEEPAY) TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Jambi Fakultas Ekonomi dan Bisnis). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FINAL RIDHO ANINDITO (C1A020076).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Halaman persetujuan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan dengan aturan penulisan secara akademis serta bimbingan dari Ibu Dr. Nurhayani, S.E., M.Si. dan Bapak Jaya Kusuma Edy, S.E., M.Si. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Dompet Digital (Shopeepay) Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Jambi Fakultas Ekonomi dan Bisnis )”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana karakteristik pengguna dompet digital ShopeePay sebagai alat pembayaran di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. 2) Bagaimana pengaruh promosi, kemudahan, keamanan, dan uang saku dalam penggunaan dompet digital ShopeePay terhadap perilaku konsumsi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan analisis deskriptif yang bersumber dari data primer melalui kuesioner Google Form kepada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi angkatan 2020, serta data sekunder untuk jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diperoleh dari Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Binnary Logistic Regression menggunakan software statistic SPSS versi 25.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna Shopeepay berjenis kelamin perempuan. Rata-rata responden berusia 22 tahun didominasi dengan uang saku perbulan rata-rata Rp.748.558 dengan jumlah pengeluaran ShopeePay perbulan rata-rata Rp.297.596, serta frekuensi penggunaan ShopeePay rata-rata 4,72 kali dalam satu bulan dan produk yang dibeli mayoritas adalah pakaian. Berdasarkan uji wald didapatkan hasil bahwa yang berpengaruh positif terhadap perilaku konsumsi adalah kemudahan, keamanan, dan uang saku, sedangkan yang berpengaruh negatif adalah variabel promosi. Berdasarkan uji omnibus model fit promosi, kemudahan, keamanan, dan uang saku berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumsi pada mahasiswa pengguna ShopeePay di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Kata Kunci : e-commerce, perilaku konsumsi, Shopeepay, binary logistic

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: ANINDITO
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:27
Last Modified: 10 Jan 2025 03:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73994

Actions (login required)

View Item View Item