Kajian Tingkat Kemampuan Guru Kelas Sekolah Dasar Tentang Etnolinguistik Di Kecamatan Bajubang

Subandiyo, May (2019) Kajian Tingkat Kemampuan Guru Kelas Sekolah Dasar Tentang Etnolinguistik Di Kecamatan Bajubang. S1 thesis, PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
may subandiyo a1d115006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Subandiyo, May. 2018. Kajian Tingkat Kemampuan Guru Kelas Sekolah Dasar Tentang Etnolinguistik Di Kecamatan Bajubang: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Syahrial, M.Ed., Ph.D., (II) Drs. Faizal Chan., S. Pd.,M.Si., Kata kunci: Etnolinguistik, Strategi, kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengetahuan Guru Sekolah dasar di Kecamatan Bajubang tentang Etnolinguistik serta strategi dalam implementasikan di pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bajubang pada bula 15 November s/d 15 Desember 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada Guru Kelas (sebagai data utama), wawancara dengan guru kelas (sebagai data utama) dan dokumentasi berupa foto kegiatan dengan RPP (sebagai data penunjang) Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru sekolah dasar di kecamatan Bajubang Masuk kedalam kategori Sedang. Diperoleh hasil dengan kategori 6% dari 18 guru kelas masuk kedalam kategori Tinggi, 61% dari 18 guru kelas masuk kedalam kategori Sedang, 33% dari 18 guru kelas masuk kedalam kategori Rendah. Strategi yang guru gunakan dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis etnolinguistik sendiri bervariasi guru lebih sering mengarahkan dengan belajar di luar ruangan yaitu berintraksi dengan lingkungan sekitar, praktik berbicara dengan teman, dan bermain peran. Kendala yang di hadapi oleh guru kelas ketika akan menerapkan pembelajaran berbasis etnolinguistik yaitu tidak tersedianya alat peraga atau media, sarana dan prasarana tidak ada, sumber belajar buku tentang bahasa daerah tidak tersedia, latar belakang siswa yang berbeda, dan guru bukan asli daerah jambi melainkan pendatang dari suku lain di luar jambi. Dari hasil penelitian ini sebaiknya guru dapat memasukan nilai kearifan lokal tentang Etnolinguistik sekitar dengan menyiapkan materi berdasarkan lingkungan sekitar, serta membuat media atau alat peraga yang sesuai dengan lingkungan sekitar. Untuk sarana dan prasarana harapanya sekolah dapat menyediakan sumber belajar yang berisi bahasa daerah khususnya jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: MAY SUBANDIYO
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:07
Last Modified: 02 Apr 2019 02:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7400

Actions (login required)

View Item View Item