GUSMIARTI, MERRY MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD. JURNAL MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD.
Text
01 COVER.pdf Download (31kB) |
|
Text
03 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (476kB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Gusmiarti, Merry. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Role Playing Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SD: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si, (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Role Playing Berdasarkan observasi dikelas IV B SD Negeri 14/I Sungai Baung, aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn masih rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa masalah yaitu siswa kurang bersemangat mengikuti pembelajaran, siswa enggan bertanya, siswa tidak membuat catatan pembelajaran, siswa belum mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran, serta masih banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Disamping itu, guru cenderung menggunakan metode ceramah. Salah satu alternatif guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan model Role Playing. Diharapkan dengan menggunakan model Role Playing ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dikelas IV B SD Negeri 14/I Sungai Baung. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan model Role Playing pada mata pelajaran PKn kelas IV B SD Negeri 14/I Sungai Baung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi aktivitas guru serta dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model Role Playing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV B SD Negeri 14/I Sungai Baung. Peningkatan presentase setiap siklus adalah: siklus I pertemuan I presentase yang didapat 50,46% meningkat pada pertemuan II menjadi 63,75%. Pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan presentase yaitu 76,87% dan pada pertemuan II meningkat menjadi 85,16%. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru maupun calon guru lebih memperhatikan model atau metode yang tepat untuk digunakan saat proses belajar-mengajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MERRY GUSMIARTI |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 07:01 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7404 |
Actions (login required)
View Item |