MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM KELOMPOK MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR

LEPO, AHMAD FAUZAN MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM KELOMPOK MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM KELOMPOK MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SEKOLAH DASAR.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
03 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Lepo, Ahmad Fauzan. 2019. Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kelompok Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran PKn di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed., PhD, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kerjasama, Teams Games Tournament (TGT) Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 14/I Sungai Baung kerjasama siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari masalah yang ditemukan yaitu masih banyak peserta didik yang hanya sekedar duduk diam didalam kelompok, guru belum membagi kelompok secara heterogen, guru belum melakukan pengawasan lebih lanjut seperti membimbing kelompok dalam berdiskusi, siswa masih takut jika jawabannya kurang diterima oleh anggota kelompok. Guru cenderung menggunakan metode ceramah. Salah satu alternatif guru untuk meningkatkan kerjasama siswa yaitu dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT). Diharapkan dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok dikelas V SD Negeri 14/I Sungai Baung. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok di kelas V SD Negeri 14/I Sungai baung dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan 2 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14/I Sungai Baung yang berjumlah 21 siswa. Data dalam penelitian diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisis tindakan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas V SD Negeri 14/I Sungai Baung. Peningkatan setiap siklus adalah: siklus I pertemuan I presentase yang didapat 53,27% meningkat di pertemuan II menjadi 60,41%. Pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan presentase 78,27% dan di pertemuan II meningkat menjadi 83,33%. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok di kelas V Sekolah Dasar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHMAD FAUZAN LEPO
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:01
Last Modified: 28 Mar 2019 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7405

Actions (login required)

View Item View Item