Afriyani, Windi (2025) Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Baru Terhadap Penyesuaian Diri Di SMP Negeri Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
WINDI skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
pengesahan betul.pdf Download (371kB) |
Abstract
Pendidikan di sekolah bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Siswa dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru sehingga dapat mengembangkan kualitas yang ada pada dirinya yaitu menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri dan bertanggung jawab. Siswa merupakan makhluk sosial yang dimana dalam situasi dan keadaan seperti apapun membutuhkan keberadaan orang lain dalam kehidupannya. Rasa kepercayaan diri setiap orang merupakan salah satu kekuatan jiwa yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya seseorang dalam mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Tujuan dari pada penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa baru, untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri siswa, dan untuk mengungkap pengaruh kepercayaan diri siswa baru terhadap penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi, menemukan banyak siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan memiliki masalah dalam penyesuaian diri dengan teman sekelas, terutama pada saat belajar. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan tingkat kepercayaan α 0.05 dengan formula slovin. Sampel yang di dapatkan sebanyak 153 siswa, yang di bagi menjadi 9 kelas. Pada hasil perhitungan penelitian, siswa kelas VII di SMP Negeri 22 Kota Jambi menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri mereka berada pada Tingkat “tinggi” dengan persentase 68,5%, tingkat penyesuaian diri pada mereka berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase secara keseluruhan yaitu sebesar 72,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan diri siswa baru (X) memiliki pengaruh terhadap variabel penyesuaian diri (Y) sebesar 6,3%. Dari hasil analisis angket tentang kepercayaan diri siswa baru dan penyesuaian diri yang diberikan kepada 153 siswa kelas VII di SMP Negeri 22 Kota Jambi, terlihat bahwa ada pengaruh antara kepercayaan diri siswa baru dan penyesuaian diri yakni sebesar 6,3% yang pada tingkat “tinggi atau kuat”. Kata Kunci: Pengaruh, Kepercayaan diri, Penyesuaian diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Kepercayaan diri, Penyesuaian diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Afriyani |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 06:34 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |