Studi keterbukaan diri siswa dalam konseling individu di SMP negeri 03 kota jambi

Elsa Fadillah, Ade (2025) Studi keterbukaan diri siswa dalam konseling individu di SMP negeri 03 kota jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
abstrak .pdf

Download (6kB)
[img] Text
bab 1 .pdf

Download (96kB)
[img] Text
bab 5 .pdf

Download (84kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Ade Elsa Fadillah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/1

Abstract

Guru bimbingan dan konseling berperan penting dalam membantu siswa menyelesaikan masalah mereka melalui pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh konselor sekolah/guru BK, Salah satunya melalui pelayanan konseling individual Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterbukaan diri siswa dalam konseling individual banyak diantara mereka sering memendam masalah nya pada saat konseling individual, mereka juga sering merahasiakan informasi pada diri nya pada saat konseling individual. Keterbukaan dalam konteks ini sangat penting karena konseling individu bertujuan untuk membantu siswa untuk mengatasi permasalahan yang di alami siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif. Subjek penelitian ini empat orang siswa yang pernah mengikuti konseling individual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terdapat tiga tahapan untuk mengalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi sumber di lakukan pada siswa, wali kelas, dan guru Bk, Triangulasi teknik menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagaimana keterbukaan diri siswa dalam konseling individual adalah, banyak siswa yang masih belum jujur, malu, dan takut untuk bercerita dengan guru BK pada saat proses konseling individual tersebut. Siswa juga memperhatikan kondisi dan situasi pada saat melakukan konseling individual, siswa banyak diam dan merasa kurang percaya untuk terbuka sama guru BK. Perihal bagaimana pelaksanaan layanan konseling individual yang dicoba tentang sikap keterbukaan diri siswa dikenal dicoba dengan efisien, dimana konselor bekerja sama dengan wali kelas

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterbukaan diri siswa, Konseling individual, deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Fadillah
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:41
Last Modified: 10 Jan 2025 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74070

Actions (login required)

View Item View Item