Analisis Resiliensi Akademik Siswa Korban Bullying di SMP N 9 Kota Jambi

Juliana M, Rani (2025) Analisis Resiliensi Akademik Siswa Korban Bullying di SMP N 9 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (289kB)
[img] Text
bab 1 Rani .pdf

Download (154kB)
[img] Text
bab 5 Rani .pdf

Download (238kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text
SKRIPSI RANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
abstrak rani.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya dampak negatif yang dirasakan oleh siswa korban bullying terhadap kesejahteraan psikologis dan kinerja akademik mereka. Bullying dapat melemahkan resiliensi akademik siswa, yang merupakan kemampuan mereka untuk tetap bertahan dan berprestasi dalam situasi yang penuh tekanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat resiliensi akademik siswa yang menjadi korban bullying di SMP N 9 Kota Jambi, sehingga dapat diketahui sejauh mana kemampuan adaptif mereka dalam menghadapi tantangan tersebut. Resiliensi akademik adalah kemampuan siswa secara efektif bangkit dari stress atau tekanan akibat tuntutan akademik. Pada penelitian ini analisis dilakukan berdasarkan enam indikator resiliensi akademik, yaitu keterampilan sosial, empati, pemecahan masalah, efikasi diri, kesadaran diri, serta tujuan dan cita-cita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada tujuh siswa kelas VIII yang teridentifikasi sebagai korban bullying. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat resiliensi akademik siswa korban bullying secara keseluruhan berada pada kategori “sedang” dengan persentase sebesar 58,83%. Pada indikator keterampilan sosial berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 65,48%. Pada indikator empati berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 66,07%. Pada indikator penyelesaian masalah berada pada kategori “sedang” dengan persentase sebesar 50,40%. Pada indikator efikasi diri berada pada kategori “sedang” dengan persentase sebesar 56,75%. Pada indikator kesadaran diri berada pada kategori “sedang” dengan persentase sebesar “59,52”. Dan pada indikator tujuan cita-cita berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 62,5%. Kesimpulan dari penelitian ini menyarankan pentingnya dukungan dari pihak sekolah, khususnya guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan resiliensi akademik siswa korban bullying serta kolaborasi dengan guru mata pelajaran diharapkan juga dapat membantu siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Akademik, Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:43
Last Modified: 10 Jan 2025 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74088

Actions (login required)

View Item View Item