Aulia, Fransisca Fazar (2024) Peningkatan Motorik Halus Melalui Media Kolase Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Bab 1 skripsi Fransisca Fazar Aulia-1.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
Bab5 skripsi Fransisca Fazar Aulia.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Cover skripsi Fransisca Fazar Aulia.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka skripsi Fransisca Fazar Aulia-1.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Proposal skripsi Fransisca Fazar Aulia. (2)-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
laman pengesahan.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Abstrak skripsi Fransisca Fazar Aulia-1.pdf Download (20kB) |
Abstract
Aulia, Fransisca Fazar Aulia. 2024. Peningkatan Motorik Halus Melalui Media Kolase Berbahan Alam Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan ank Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Uswatul Hasni, M.Pd. (II) Dr. Atri Widowati, S.Pd.,M.Or Kata Kunci: Motorik Halus, Kolase Latar belakang dari penlitian ini adalah perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian masih belum sepenuhnya berkembang. Hal ini terlihat dari sebagian besar anak masih kurang dalam mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit, anak belum bisa melakukan gerakan manipulatif dan belum dalam mengekspresikan diri dengan berkarya seni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak dalam pembelajaran dengan memanfaatkan media kolase berbahan alam pada anak usia 4-5 tahun di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan II siklus dan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 16 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penilaian ini adalah bentuk penelitian dengan tindakan kolaboratif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakuakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kolase berbahan alam dapat meningkatakan motorik halus anak usia usia 4-5 tahun di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian. Sebelum media kolase berbahan alam dillakukan rata-rata perkembangan motorik halus anak usia usia 4-5 tahun di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian terlihat hanya memperoleh 31,15% yang berada pada kategori mulai berkembang atau belum mencapai ketuntasan yang ditentukan yaitu >76%. Setelah dilakukanya tindakan pada siklus I motorik halus anak usia 4-5 tahun mengalami peningkatan pada pertemuan satu sebesar 48,46% dan pertemuan ketdua 58,08%. Pada siklus II pertemuan satu meningkat sebesar 67,31% dan pertemuan kedua sebesar 82,69%. Kegiatan menggunakan kolase berbahan alam ini sangat baik untuk meningkatkan motorik halus anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media kolase berbahan alam dapat meningkatkan motorik halus anak usia usia 4-5 tahun di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian dilihat dari indikator motorik halus yaitu koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari tangan. Kegiatan kolase berbahan alam dapat meningkatkan motorik halus anak usia usia 4-5 tahun di TK Kamboja Perumnas Muara Bulian dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan 76% yaitu 82,69% dan berada pada kategori tinggi atau BSB.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus, kolase |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LD Individual institutions (United States) |
Depositing User: | Aulia |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 08:21 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |