PENGEMBANGAN TES SPASIAL RANCANG BANGUN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Arfiah, Vini (2025) PENGEMBANGAN TES SPASIAL RANCANG BANGUN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENGURANGI BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasarkan latar belakang rendahnya kemampuan spasial dan nilai ujian geometri peserta didik karena faktor beban kognitif. Sehingga penelitian ini memfokuskan pada pengembangan Tes Spasial Rancang Bangun dengan bantuan aplikasi GeoGebra untuk mengurangi beban pada salah satu materi yaitu bangun ruang sisi datar. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah langkah-langkah pengembangan tes oleh Djemari Mardapi. Subjek dalam penelitian ini diantaranya ahli materi dan desain, uji coba perorangan terhadap guru, dan uji coba kelompok kecil dan besar pada siswa kelas IX MTs Negeri 2 Batanghari. Instrumen penelitian termasuk angket kevalidan tes spasial, angket keefektifan tes spasial, instrument soal tes, dan lembar observasi oleh peneliti. Tingkat kevalidan dari segi materi adalah 80%, tingkat kevalidaan desain adalah 86,67 %, dan tingkat kevalidan instrument soal adalah 82,22%. Sehingga tes spasial yang dirancang dinyatakan valid. Adapun tingkat keefektifan tes spasial berdasarkan angket keefektifan oleh peserta didik adalah 87,98%, tingkat keefektifas tes spasial oleh guru adalah 90%, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yaitu 94,35 yang lebih meningkat dibandingkan nilai hasil belajar sebelumnya menggunakan cara yang konvensional dengan rata-rata 65, serta hasil observasi keefektifan oleh peneliti adalah 86% dengan demikian disimpulkan bahwa beban kognitif peserta didik berkurang. Implikasi dari penelitian ini yaitu potensi penggunaan Tes Spasial sebagai bahan ajar dalam implementasi yang lebih luas. Saran untuk penelitian kedepannya yaitu dilakukan tahap implementasi dalam skala yang besar sehingga tujuan pembelajaran lebih efektif dan kemampuan spasial peserta didik di Indonesia mengingkat tanpa memperburuk beban kognitif. This research is based on a background of low spatial abilities and test scores students' geometry due to cognitive load factors. So this research focuses on developing Design-Build Spatial Tests with assistance GeoGebra application to reduce the load on one of the materials, namely building flat side space. The research and development method used is steps test development by Djemari Mardapi. The subjects in this research include material and design experts, individual trials with teachers, and group trials small and large in class IX students of MTs Negeri 2 Batanghari. Research instrument including spatial test validity questionnaires, spatial test effectiveness questionnaires, question instruments tests, and observation sheets by researchers. The level of validity in terms of material is 80%, the level of design validity was 86.67%, and the validity level of the question instrument was 82.22%. So test The designed spatial plan is declared valid. As for the level of effectiveness of the spatial test based on a questionnaire the effectiveness of students is 87.98%, the level of effectiveness the spatial test by the teacher was 90%, the average student learning outcome score was 94.35 which is more increased than the value of previous learning outcomes using this method conventional ones with an average of 65, as well as the results of observations of effectiveness by researchers is 86%, thus it is concluded that the cognitive load of students reduce. The implication of this research is the potential use of the Spatial Test as teaching materials in wider implementation. Suggestions for future research namely, the implementation stage is carried out on a large scale so that the objectives more effective learning and spatial abilities of students in Indonesia increases without worsening cognitive load.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tes Spasial, GeoGebra, Beban kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ARFIAH
Date Deposited: 13 Jan 2025 01:28
Last Modified: 13 Jan 2025 01:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74152

Actions (login required)

View Item View Item