Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Materi SPLDV

Fitriana, Inda and Huda, Nizlel and Rohati, rohati (2025) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Materi SPLDV. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Draft Tesis_Inda Fitriana (Pasca sidang full)..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Fitriana, Inda. 2025. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Materi SPLDV, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes, (II) Dr. Rohati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif, Asimilasi dan Akomodasi, Literasi Numerasi, SPLDV Salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan literasi numerasi. Siswa bisa mengerjakan soal matematika tetapi belum cukup baik dalam menganalisis dan berpikir maksimal sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan literasi numerasi. Hal ini juga disebabkan karena adanya perbedaan gaya kognitif pada masing-masing siswa maka perlu dianalisis tentang kemampuan literasi numerasi siswa berdasarkan asimilasi dan akomodasi pada gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi pada materi SPLDV ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif berdasarkan asimilasi dan akomodasi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Batang Hari. Instrumen yang digunakan yaitu tes MFFT, think aloud, dan wawancara. Tes MFFT untuk mendapatkan subjek gaya kognitif reflektif dan impulsif. Subjek dipilih mengunakan purposive sampling Kemudian subjek yang terpilih (R1, R2, I1, dan I2) diberikan soal tes literasi numerasi SPLDV. Setiap jawaban siswa dianalisis tahapan literasi numerasinya berdasarkan asimilasi dan akomodasi dan tinjauan lebih lanjut dilakukan think aloud dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif (R1 dan R2) dapat menganalisis informasi dari soal dengan baik, menggunakan simbol matematika dengan benar, serta memberikan kesimpulan di akhir jawaban. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif banyak mengalami proses asimilasi. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif (I1 dan I2) dapat menganalisis informasi dari soal dengan baik, tetapi kurang tepat dalam menggunakan simbol matematika dan melaksanakan rencana penyelesaian. Sehingga siswa dengan gaya kognitif impulsif lebih cenderung mengalami proses akomodasi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Inda Fitriana
Date Deposited: 13 Jan 2025 02:55
Last Modified: 13 Jan 2025 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74177

Actions (login required)

View Item View Item