Farhan Afandes, Muhammad (2025) E-FLIPBOOK SEX EDUCATION UNTUK MENDUKUNG LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING REMAJA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover aja.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan n persetujuan .pdf Download (783kB) |
![]() |
Text
Revisi Sidang PDFff.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Media pembelajaran e-flipbook yang bertujuan untuk meningkatkan antusias dan pemahaman murid. E-flipbook merupakan media yang sangat bermanfaat bagi siswa maupun pendidik. Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya produk dan pemanfaat teknologi informasi, maka konsepsi penyelenggara pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran yang modern. Oleh sebab itu perlu adanya media yang dapat dijadikan referensi dalam memilih e-flipbook untuk pelaksanaan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-flipbook dengan materi sex education untuk pelaksanaan layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D). R&D adalah model penelitian yang bersifat pengembangan produk baru atau penyempurnaan produk yang sudah ada melalui prosedur pembakuan yang sistematis, revisi berulang-ulang, dan terukur guna menghasilkan produk yang lebih baik dari sebelumnya (Sutja dkk., 2017). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 11 Kota Jambi untuk menguji e-flipbook dan 6 orang guru Bk SMPN 11 Kota Jambi untuk validasi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui saran dan masukan dari ahli mengenai produk dan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase kelayakan produk menurut ahli materi, ahli media, respon siswa, dan respon guru bimbingan dan konseling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus Formula C untuk menentukan persentase dengan jawaban berbentuk skala berdasarkan panduan menurut Sutja dkk (2017). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk dapat digunakan sebagai referensi guru BK dalam memilih e-flipbook untuk pelaksanaan layanan informasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase dari ahli media 76% dan ahli materi 80% yang sama-sama berada di kategori “Baik”. Uji angket responden pada siswa IX SMPN 11 Kota Jambi diperoleh persentase sebesar 85,5% berada pada kategori “sangat baik”. Sedangkan validasi kelayakan e-flipbook untuk pelaksanaan layanan informasi pada guru BK SMPN 11 Kota Jambi diperoleh persentase sebesar 87,6% berada di kategori “sangat baik”
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-flipbook, Sex Education, layanan informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | AFANDES |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:02 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |