ANALISIS PENYEBAB PERILAKU TERLAMBAT DATANG KE SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BATANG HARI DALAM PROGRAM SISTEM ZONASI

Natalia, Pipit (2025) ANALISIS PENYEBAB PERILAKU TERLAMBAT DATANG KE SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BATANG HARI DALAM PROGRAM SISTEM ZONASI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
SKRIPSI PIPIT NATALIA A1A321069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
persetujuan & pengesahan.pdf

Download (343kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Permasalahan keterlambatan siswa ke sekolah menjadi salah satu tantangan yang dihadapi SMA Negeri 1 Batang Hari, khususnya dalam penerapan sistem zonasi. Sistem zonasi yang bertujuan untuk pemerataan akses pendidikan belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab keterlambatan siswa, dampaknya terhadap proses pembelajaran di sekolah, serta upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah pada peserta didik dalam program sistem zonasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku terlambat siswa disebabkan oleh faktor internal, seperti kesadaran diri yang rendah dan manajemen waktu yang kurang baik, serta faktor eksternal, seperti kendala transportasi dan tanggung jawab keluarga. Dampak dari keterlambatan ini meliputi penurunan prestasi akademik, terganggunya hubungan sosial, dan pandangan negatif dari lingkungan sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, pihak sekolah telah melakukan berbagai langkah, seperti memperkuat komunikasi dengan orang tua, memberikan bimbingan konseling, serta mengintegrasikan nilai-nilai disiplin dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kerja sama antara sekolah, siswa, dan orang tua sangat diperlukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterlambatan siswa, sistem zonasi, kedisiplinan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Pipit Natalia
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:58
Last Modified: 13 Jan 2025 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74358

Actions (login required)

View Item View Item