PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP

Pratama, Despita (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP. S2 thesis, MPBSI.

[img] Text
BP Tesis Sidang Despita Pratama P2A322010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
halaman persetujuan .pdf

Download (268kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

ABSTRAK Pratama, Despita. 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Smp Kelas VII. Tesis, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. Harry Soedarto Harjono, M.Pd., (2) Akhmad Habibi, S.Pd.I., M.Pd., Ph.D Kata kunci: Media Pembelajaran Video Animasi, Teks Berita dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi dengan menggunakan media pembelajaran video animasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang menggunakan dua kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan dokumentasi. Posttest diberikan setelah diberikan prelakuan untuk mengukur pemahaman akhir siswa. Teknik analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis statistik uji-t. Dari hasil data tes diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen yang diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran video animasi adalah sebesar 74,5. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunakan media video animasi adalah sebesar 66,07. Dilihat dari hasil uji hipotesis pada kedua kelas menunjukkan dengan menggunakan uji t-test, diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) hasil dari post-test sebesar 0,000 lebih kecil dibandingkan taraf signifikansi sebesar 0,05 sehingga (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Jambi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Despita Pratama
Date Deposited: 13 Jan 2025 08:08
Last Modified: 13 Jan 2025 08:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74387

Actions (login required)

View Item View Item