PRATAMA, RENDY AFRIAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON DI SMA TAHUN 2018. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON DI SMA TAHUN 2018.
Text
Cover.rtf Download (4MB) |
||
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (288kB) | Preview |
|
Text
1. DAFTAR ISI.docx Download (13kB) |
||
Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (296kB) |
||
Text
6. BAB V PENUTUP.pdf Download (157kB) |
Abstract
ABSTRAK Pratama, Rendy Afrian. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Siswa Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Hukum Newton Di SMA Tahun 2018; Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Hidayat M.Pd., (2) Nehru, S.Si., MT Kata kunci : LKS, Inkuiri terbimbing, hukum newton Salah satu perangkat yang digunakan untuk mendukung pembelajaran adalah LKS (LembarKerjaSiswa).Upaya yang dapat dilakukan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa salah satunya adalah dengan mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing. LKS berbasis inkuiri terbimbing dikembangkan agar siswa dapat mengaplikasikan konsep yang dipelajari dan memecahkan masalah berdasarkan keterampilan proses sains melalui konsep ilmiah. Langkah-langkah dalam pembelajaran inkuiri terbimbing meliputi: Orientasi, perumusan masalah, menyusun hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKS model inkuiri terbimbing pada materi hukum newton, memberikan informasi tentang hasil evaluasi pengetahuan siswa pada pembelajaran fisika, mengetahui kelayakan LKS model inkuiri terbimbing pada materi hukum newton. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono (2014) dengan 6 tahapan pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba produk. Lembar kerja siswa yang telah dikembangkan kemudian di validasi oleh tim ahli, dan selanjutnya diujicobakan pada siswa (responden) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Dari aspek desain pembelajaran dapat rata-rata skor sebesar 90,57 yang menyatakan kriteria baik. Sedangkan aspek materi dapat rata-rata skor sebesar 93,75 yang termasuk kriteria baik sedangkan dari aspek keterbacaan LKS dapat rata-rata skorsebesar 98,19 yang menyatakan kriteria baik dan dari aspek visualisasi LKS dapat rata-rata skor 99,86 yang termasuk kriteria amat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan pembelajaran fisika yang dikembangkan berupa lembar kerja siswa model inkuiri terbimbing pada materi hukum newton untuk siswa SMA baik/layak digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RENDY AFRIAN PRATAMA |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 07:04 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 07:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7444 |
Actions (login required)
View Item |