MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GEOBOARD PADA PELAJARAN BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 13/1 MUARA BULIAN

YULFIRA, YENY MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GEOBOARD PADA PELAJARAN BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 13/1 MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GEOBOARD PADA PELAJARAN BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN 13/1 MUARA BULIAN.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (190kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (329kB) | Preview
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx

Download (41kB)
[img] Text
10. BAB I.doc

Download (48kB)
[img] Text
14. BAB V.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Yulfira, Yeny. 2019. Meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui penggunaan media geoboard pada pelajaran bangun datar di kelas IV SD: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIKP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pemahaman konsep, geoboard. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kurang memahami konsep, hal ini terlihat ketika pembelajaran matematika peserta didik belum mampu menjelaskan, menyajikan dan membedakan konsep yang diajarkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Geoboard dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik pada pelajaran Bangun Datar di kelas IV A SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus. Pada tiap siklus terdapat tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi indikator pemahaman konsep peserta didik, tes, dan wawancara dengan guru (sebagai data penunjang). Data dianalisis decara kalitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media geoboard dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran bangun datar di kelas IV SDN 13/1 Muara Bulian. Adapun persentase kerberhasilan pemahaman konsep pada siklus I pertemuan I sebesar 40 % dan pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 48 %. Hasil siklus II Pada pertemuan I yaitu sebesar 70,37% dan mengalami peningkatan pada pertemuan II menjadi 82,14%. Cara penggunaan media geoboard pada saat pembelajaran, guru meletakan geoboard di depan kelas, geoboard dilengkapi dengan karet, guru menjelaskan cara membentuk bangun datar, masing-masing siswa dimintak membentuk bangun datar sesui dengan kreativitas, siswa diminta menggambar hasil yang diperoleh pada kertas, melalui tanya jawab guru mengenalkan arti keliling dan luas, siswa menentukan keliling setiap bangun datar yang diperintahkan Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan media geoboard dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran bangun datar di kelas IV sekolah dasar. Disarankan agar guru lebih menekankan penggunaan media konkret yang dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran dengan adanya media konkret pembelajaran akan mudah dipahami.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YENI YULFIRA
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:55
Last Modified: 02 Apr 2019 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7451

Actions (login required)

View Item View Item