Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Teori Van Hiele dan Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent Pada Materi Dimensi Tiga di SMAN 9 Kota Jambi

Manalu, Irma Yohana (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Teori Van Hiele dan Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent Pada Materi Dimensi Tiga di SMAN 9 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
COVER VH.pdf

Download (239kB)
[img] Text
PERSETUJUAN VHG.pdf

Download (729kB)
[img] Text
ABSTRAK VHG.pdf

Download (392kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAPUS VHG.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari Teori Van Hiele dan Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent Pada Materi Dimensi Tiga di SMAN 9 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Jambi kelas XII IPA 3 tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa field dependent yang memiliki skor GEFT terendah dan 2 siswa field independent yang memiliki skor GEFT tertinggi. Instrumen pada penelitian ini adalah Van Hiele Geometry Test (VHGT), lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dengan tingkat berpikir Van Hiele level 0 dan subjek dengan gaya kognitif Field Independent (FI) level 1 memenuhi tahapan pertama indikator pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, sedangkan subjek dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dengan tingkat berpikir Van Hiele level 0 memenuhi dua tahapan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa gaya kognitif dan tingkat berpikir Van Hiele yang dimiliki siswa memiliki pengaruh pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh sebab itu penting bagi guru untuk mengetahui gaya kognitif dan tingkat berpikir Van Hiele yang dimiliki siswa, sehingga dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang tepat pada materi dimensi tiga guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa. Kata kunci : Field-Dependent; Field-Independent; Pemecahan Masalah; Van-Hiele

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Manalu
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:33
Last Modified: 14 Jan 2025 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74546

Actions (login required)

View Item View Item