ANALISIS PENGARUH PENGERASAN JALAN SEGMEN DISPOSAL 2 BERDASARKAN NILAI CALIFORNIA BEARING RATIO UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT CMT 96 PADA PT. BINA SARANA SUKSES

Mahayyuddin, Andi (2025) ANALISIS PENGARUH PENGERASAN JALAN SEGMEN DISPOSAL 2 BERDASARKAN NILAI CALIFORNIA BEARING RATIO UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT CMT 96 PADA PT. BINA SARANA SUKSES. S1 thesis, Teknik Pertambangan.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_ANDI MAHAYYUDDIN_F1D119068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (55kB)

Abstract

PT. Bina Sarana Sukses adalah salah satu perusahaan yang berfokus pada industri pertambangan dengan bahan galian batubara yang melakukan kegiatan operasional di wilayah Sumatera Selatan, salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam kegiatan penambangan agar mencapai target produksiadalah mengoptimalkan road hauling, jalan angkut segmen disposal 2 PT. Bina Sarana Sukses dapat dibilang lunak, material jalan pada segmen ini adalah clay, yang dimana pada area penambangan PT. Bina Sarana Sukses material ini tidak mampu menahan beban alat berat yang lewat terutama alat angkut CMT 96, nilai CBR rata rata pada segmen jalan disposal 2 sebelum pengerasan jalan dengan menggunakan uji CBR lapangan pada titik 1 adalah 11.58%, untuk titik 2 adalah 20.31%, pada titik 3 adalah 15.23%, pada titik 4 adalah 16.93%, dan pada titik 5 adalah 13.54%, nilai ini menunjukkan kekerasan segmen jalan disposal 2 masih buruk dan memerlukan pengerasan jalan., nilai daya dukung tanah minimum untuk alat angkut CMT 96 adalah 9.37 kg/cm2, sebelum pengerasan segmen jalan disposal 2 nilai daya dukung tanah segmen jalan disposal 2 adalah ≤9.37 kg/cm2, waktu cycle time alat angkut CMT 96 sebelum pengerasan jalan adalah 1395.6 detik dan nilai produktivitasnya adalah 39.48 bcm/jam, pengerasan jalan pada segmen disposal 2dilakukan dengan pembuatan subbase, penghamparan geoteksil, penimbunan subbase, dan penimbunan base,setelah pengerasan jalan pada segmen jalan disposal 2 dilakukan pengambilannilai CBR dengan menggunakan alat uji california bearing ratio lapangan, nilai rata rata CBR pada 5 titik pengujian adalah 76.17%, sesudah pengerasan jalan nilai daya dukung tanah pada segmen jalan disposal 2 adalah sebesar ≥9.37 kg/cm2,hal ini menunjukkan nilai daya dukung tanah setelah pengerasan jalan segmen disposal 2 telah mencapai nilai minimum untuk dilewati alat angkut CMT 96, setelah dilakukan pengerasan jalan, waktu cycle time alat angkut CMT 96 turun menjadi 1299 detik, dan nilai produktivitasnya naik menjadi 42.43 bcm/jam.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Pertambangan
Depositing User: Mahayyuddin
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:10
Last Modified: 16 Jan 2025 08:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74590

Actions (login required)

View Item View Item