P E R L IN D U NG A N KONSUMEN SEBAGAI PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YANG MENGALAMI KERUSAKAN PADA MASA GARANSI DI PT.CAPELLA DINAMIK NUSANTARA KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

pane, dwina (2024) P E R L IN D U NG A N KONSUMEN SEBAGAI PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YANG MENGALAMI KERUSAKAN PADA MASA GARANSI DI PT.CAPELLA DINAMIK NUSANTARA KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full dwina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER PROPOSAL DWI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
surat pengesahan.pdf

Download (629kB)
[img] Text
abstrak dwi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
bab 1 (1).pdf

Download (263kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (62kB)
[img] Text
daftar pustaka (1).pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tanggung jawab PT. Capella Dinamik Nusantara Kecamatan Mandau terhadap konsumen pembeli sepeda motor yang mengalami kerusakan dalam masa garansi dan mengetahui kendala yang dihadapi PT. Capella Dinamik Nusantara Kecamatan Mandau dalam melaksanakan tanggung jawab terhadap konsumen pembeli sepeda motor yang mengalami kerusakan. Metode penelitian yang digunakan skripsi ini yaitu penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian skripsi ini menemukan bahwa perlindungan konsumen belum optimal karena kurangnya kesadaran tentang hak dan kewajiban. Dimana tanggung jawab yang diberikan oleh pihak PT. Capella Dinamik Nusantara kepada konsumen belum terlaksakan secara baik ketika konsumen klaim garansi pada saat sepeda motor mengalami kerusakan. Dikarenakan adanya beberapa kendala dalam melakukan proses klaim garansi yang membuat menjadi rumit dan memakan waktu lama diantarannya kendala dalam keterbatasan tenaga kerja yang terampil, kerterbatasan sistem penanganan keluhan konsumen dan lain-lain. Hal ini menyebabkan konsumen mengalami kesulitan dalam memperoleh perlindungan yang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan bagi PT. Capella Dinamik Nusantara untuk memperbaiki prosedur klaim garansi menjadi lebih mudah dan transparan, lebih meningkatkan tenaga kerja yang terampil, serta meningkatkan kualitas fasilitas pelayanan purna jual. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan konsumen dalam memberikan pertanggung jawaban ketika konsumen dalam melakukan klaim pada kerusakan yang terjadi pada sepeda motor dan dapat mengatasi kendala-kendala yang terjadi ketika melaksakan tanggung jawab. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Sepeda Motor, Kerusakan, Klaim Garansi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: PANE
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:23
Last Modified: 14 Jan 2025 08:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74592

Actions (login required)

View Item View Item