Novita, Amalia (2025) Pengembangan E-Komik Matematika Bebasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
|
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) |
|
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (207kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas e-komik matematika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang ditinjau dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan kevalidan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian hanya terbatas pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan limas. Subjek uji coba penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 56 Merangin, serta siswa kelas VIII SMP Negeri 56 Merangin yang berjumlah 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-komik matematika berbasis STEM yang didesain telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Uji kualitas e-komik matematika menunjukkan hasil tingkat kevalidan dari segi media sebesar 100% dengan kriteria “sangat valid” dan tingkat kevalidan dari segi materi yang didapatkan sebesar 95,24% dengan kriteria “sangat valid”. Kemudian tingkat kepraktisan dilihat dari hasil angket kepraktisan e-komik matematika oleh guru yaitu sebesar 100% dengan kriteria “sangat praktis” dan tingkat kepraktisan dilihat dari angket kepraktisan e-komik matematika oleh siswa yaitu sebesar 96,82% dengan kriteria “sangat praktis”. Selanjutnya tingkat keefektifan dilihat dari hasil angket efektivitas e-komik matematika diperoleh tingkat keefektifan sebesar 83,91% dengan kriteria “sangat efektif”, sementara berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh bahwa 17 siswa mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan kriteria “tinggi” dan 12 siswa mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan kriteria “Sedang” yang memiliki skor N-Gain sebesar 0,65 dengan kriteria efektivitasnya “cukup efektif”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat dikembangkan dengan menggunakan e-komik matematika berbasis STEM dalam pembelajaran. This research aims to describe the development process and quality of STEM-based mathematics e-comics to improve students' mathematical creative thinking abilities in flat-sided geometric material for class VIII SMP in terms of validity, practicality and validity criteria. This research is a type of research and development using the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. Research is only limited to the material of flat sided cubes and pyramids. The test subjects for this research were lecturers in Mathematics Education, FKIP, Jambi University as a team of experts, class VIII mathematics teachers at SMP Negeri 56 Merangin, as well as class VIII students at SMP Negeri 56 Merangin, totaling 29 students. The research results show that the designed STEM-based mathematics e-comics have met the criteria for validity, practicality and effectiveness. The quality test of mathematical e-comics showed that the validity level in terms of media was 100% with the criteria "very valid" and the validity level in terms of the material obtained was 95.24% with the criteria "very valid". Then the level of practicality seen from the results of the questionnaire on the practicality of mathematics e-comics by teachers was 100% with the criterion "very practical" and the level of practicality seen from the questionnaire on the practicality of e-comic mathematics by students was 96.82% with the criterion "very practical". Furthermore, the level of effectiveness seen from the results of the questionnaire on the effectiveness of mathematical e-comics obtained an effectiveness level of 83.91% with the criterion "very effective", while based on the results of the mathematical creative thinking ability test it was found that 17 students experienced an increase in their mathematical creative thinking ability with the "high" criterion. and 12 students experienced an increase in creative mathematical thinking skills with the criteria "Medium" which had an N-Gain score of 0.65 with the effectiveness criteria being "quite effective". Thus it can be concluded that students' creative mathematical thinking abilities can be developed by using STEM-based mathematics e-comics in learning.
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-Komik Matematika, STEM, Berpikir Kreatif Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar, Kubus dan Limas |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Novita |
| Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:08 |
| Last Modified: | 16 Jan 2025 07:08 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
