Hafiz, Muhammad PENGARUH KARAKTER SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH KARAKTER SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.
Text
2. Halaman Judul.doc Download (83kB) |
||
|
Image
lembar pengesahan.jpg Download (146kB) | Preview |
|
Text
6. Daftar Isi, Tabel, Gambar, dan Lampiran.doc Download (24kB) |
||
Text
7. BAB I.doc Download (24kB) |
||
Text
11. BAB V.doc Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Hafiz, Muhammad, 2018. “Pengaruh Karakter Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI SMA Negeri 1 Muaro Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Dosen Pembimbing I Drs. Irwan, M.Pd dan Dosen Pembimbing II Heri Usmanto, M.Pd. Kata Kunci: Karakter Siswa, dan Prestasi Belajar Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor yang terdapat didalam diri siswa itu sendiri yaitu faktor internal dimana salah satu faktor internal adalah karakter siswa. permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa rendahnya prestasi belajar dan masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh karakter siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Adapun metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 356 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah probability rondom sampling. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis regresi liniear sederhana. Dari hasil penelitian ini didapatkan persaman regresi sederhana yaitu Y = 21,90 + 0,28X, sementara nilai thitung > ttabel yaitu 5,693 > 1,991. Selain itu didapat juga nilai R Square yaitu sebesar 0,299. Sebagian besar siswa berkarakter baik dengan jumlah 48 siswa atau dengan persentase 61,5% dari keseluruhan jumlah responden. Sementara untuk prestasi belajar siswa sebagian besar berada pada skala 66-70 dengan jumlah siswa 18 dengan persentase 23,09% dari jumlah keseluruhan responden.. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat saya simpulkan bahwa (1) variabel karakter siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar. (2) variabel independent (karakter siswa) dapat menjelaskan variabel dependent (prestasi belajar) sebesar 29,9%. (3) prestasi belajar siswa masih tergolong rendah yaitu berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) (4) sebagian besar siswa berkarakter baik namun masih ada juga siswa yang berkarakter kurang baik, oleh karena itu karakter siswa kelas XI SMA Negeri 1 Muaro Jambi perlu ditingkatkan agar prestasi belajar meningkat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUHAMMAD HAFIZ |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 01:20 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 01:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7470 |
Actions (login required)
View Item |