Pengembangan e-Magazine Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 1 Kota Jambi

Novtasya Arfysta Puri, Della Pengembangan e-Magazine Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 1 Kota Jambi. UNJA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (47kB) | Preview
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

Dewasa ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Siswa bisa belajar dimana, kapan dan apa saja sesuai dengan minat dan gaya belajarnya.Dalam kondisi semacam ini, guru memiliki peran sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator menyediakan fasilitas pembelajaran seperti media pembelajaran, sumber belajar dan bahan ajar. Salah satu sumber belajar yang sekaligus bisa dijadikan media pembelajaran adalah e-Magazine. Sebagai sumber belajar dan media pembelajaran, e-Magazine dibuat dengan desain yang menarik. Penelitianinibertujuanuntukmengembangkane-Magazine pada materi kesetimbangan kimiadiSMAN1Kota Jambiyang layak secara teoritis dan praktis. Layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi. Sedangkan layak secara praktis berdasarkan penilaian guru dan respon siswa. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyang mengadaptasi kerangkapengembanganADDIE. Instrumen penelitianyang digunakan adalah lembar observasi, wawancaradan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh validator konstruk dan konten (validitas teoritis). Selanjutnya diminta penilaianguru (validitas praktis) sebelum diujicobakan kepada siswa. Ujicoba kepada siswa dalam bentuk kelompok kecil berjumlah sepuluh orang untuk melihat respon siswa (validitas praktis). Hasil penelitian, diperoleh validitase-Magazine secara teoritis 4,4(sangatbaik). Sedangkan validitase-Magazine secara praktis,penilaianguru 4,7(sangat baik)danrespon siswa91,1% (sangat baik). Berdasarkan prosespengembangan, secarakeseluruhan dapatdisimpulkan bahwa e-Magazine materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan di SMAN 1 Kota Jambiinidinyatakan layak secara teoritis dan praktis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DELLA NOVTASYA ARFYSTA PURI
Date Deposited: 04 Apr 2019 01:20
Last Modified: 04 Apr 2019 01:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7475

Actions (login required)

View Item View Item