PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMADAMAN LISTRIK DALAM RANGKA PEMELIHARAAN JARINGAN DAN KONSUMEN TIDAK TERINFORMASI DI UNIT KOTA BARU OLEH PT. PLN (PERSERO) RAYON KOTA JAMBI

NABABAN, PUTRI NUR INDAH SUSANTI (2025) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMADAMAN LISTRIK DALAM RANGKA PEMELIHARAAN JARINGAN DAN KONSUMEN TIDAK TERINFORMASI DI UNIT KOTA BARU OLEH PT. PLN (PERSERO) RAYON KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
PUTRI NUR INDAH SUSANTI NABABAN FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
COVER PUTRI NUR INDAH.pdf

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK_PUTRI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

Pemadaman listrik adalah sebuah keadaan dimana ketiadaan penyediaan listrik di suatu wilayah. Pemadaman listrik yang diakibatkan pemeliharaan jaringan oleh PLN terhadap trafo, kabel dan alat penunjang lainnya merupakan pemadaman yang terencana. Pemadaman listrik tentunya merugikan pihak konsumen selaku pengguna listrik, salah satunya yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah dimana dalam operasional produktifitasnya banyak mengandalkan tenaga listrik. Pemberitahuan kepada pelanggan merupakan salah satu bagian dari prosedur. Namun, kenyataannya informasi tentang pemadaman tidak tersampaikan kepada pelanggan termasuk kepada UMKM di tempat terjadinya pemadaman listrik. Melindungi hak-hak konsumen merupakan kewajiban dari pelaku usaha ( PT. PLN Unit Kota Baru) untuk menjaga hak-hak konsumen, sebagai konsumen listrik adalah mendapatkan listrik secara terus menerus. Adapun tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, yaitu melihat aspek- aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung oleh data-data hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode pengolahan datanya yakni, editing, klasifikasi, verifikasi, analisis, dan penarikan kesimpulan. Populasi di dalam penelitian ini adalah UMKM terkhususnya yang beroperasional menggunakan tenaga listrik dan berada di 3 kelurahan Rayon Kota Baru dengan jumlah pemadaman terbanyak sepanjang tahun 2023. Dengan jumlah populasi 152 penulis secara global menarik sampel sebanyak masing-masing 3 per kelurahan. Para UMKM merasa sangat dirugikan dengan adanya pemadaman listrik dalam rangka pemeliharaan jaringan yang dilakukan oleh PT. PLN dikarenakan kurang adanya informasi yang tepat mengenai rencana pemadaman dan akhirnya berpengaruh dengan tidak adanya kesiapan dari pihak UMKM untuk antisipasi dalam setiap usaha yang dikerjakan. Kerugian bukan hanya berbentuk kerusakan barang operasional UMKM saja tetapi juga mencakup penurunan pendapatan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Consumer protection, Power Outages, Micro, Small And Medium Enterprises
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: NABABAN
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:58
Last Modified: 20 Jan 2025 02:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74773

Actions (login required)

View Item View Item