PENGARUH MANAJEMEN DIRI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI

Widiati, Nova Restu and Ekawarna, Ekawarna and Sari, Nurmala (2025) PENGARUH MANAJEMEN DIRI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
cover only.pdf

Download (176kB)
[img] Text
pengesahan pernyataan persetujuan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (261kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (17kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ketika menjalankan Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP) Di SMK Negeri 1 Kota Jambi dengan 71 responden siswa kelas X Program Desain Komunikasi Visual pada mata pelajaran Program Keahlian SMK Negeri 1 Kota Jambi, 74,6% dari 53 siswa tidak fokus belajar karena di ganggu teman, hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa manajemen diri siswa belum terbentuk dengan baik sehingga proses belajar dikelas belum maksimal dalam kondisi tersebut. Lebih lanjut, 49,3% dimana 35 siswa berpendapat bahwa gedung sekolah kurang terawat (kondisi fisik gedung, kebersihan lingkungan dll) dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen diri dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Program Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis expost facto. Ragam penelitian ini adalah penelitian yang terstruktur yang dimulai dari pengajuan hipotesis. Penelitian korelasional untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor Manajemen Diri (X1), Fasilitas Belajar (X2) berpengaruh terhadap Prestasi Belajar (Y). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 98 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dari Untuk variabel pengaruh X1 terhadap Y sebesar 0.149 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 85535 + 0.149 X. Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 2.748 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 97 maka t tabel = 1,6614 dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak, dengan kata lain Pengaruh Manajemen Diri Terhadap Prestasi Belajar. Untuk variable pengaruh X2 terhadap Y sebesar 0,140 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 85.262 + 0.140 X. Pada tabel tersebut nilai t sebesar 3.382 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 97 maka t tabel = 1.6614, dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak, dengan kata lain Pengaruh Fasilitas Belajar berpengarih Prestasi Belajar. Diketahui Rsquare = 0,024 lebih kecil dari nilai signifikan 0.05 Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Diri Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar dengan Besaran dalam Persamaan Regresi sebesar 2.4%. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh manajemen diri dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Program Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Kota Jambi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WIDIATI
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:33
Last Modified: 22 Jan 2025 01:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74796

Actions (login required)

View Item View Item