tingkat kognitif mahasiswa dalam mata kuliah pendidikan politik

Febriza, Nadyla (2025) tingkat kognitif mahasiswa dalam mata kuliah pendidikan politik. S1 thesis, Universita Jambi.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (921kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi mahasiswa dalam program MBKM terhadap tingkat kognitif mahasiswa dalam mata kuliah pendidikan politik di program studi PPKn di Universitas Jambi. Dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mengikuti program MBKM khususnya Kampus Mengajar dan melakukan konversi mata kuliah pendidikan politik, muncul pertanyaan tentang efektivitas program ini dalam mencapai capaian pembelajaran mata kuliah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto, penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang melibatkan 83 responden dari mahasiswa PPKn yang telah mengikuti program MBKM angkatan 2021 dan angkatan 2022. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, yang disusun berdasarkan indikator dari taksonomi Bloom, yang mengukur enam tingkat kognitif mulai dari mengingat hingga mencipta dan berdasarkan tiga indikator pendidikan politik: pengetahuan politik, sikap politik, serta pemahaman hak dan kewajiban. Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa partisipasi mahasiswa dalam program MBKM berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kognitif, dengan nilai thitung sebesar 9.793, jauh lebih besar dari ttabel 1.663. Koefisien determinasi (R²) juga menunjukkan bahwa 54,2% variasi dalam tingkat kognitif dapat dijelaskan oleh partisipasi dalam program MBKM. Temuan utama mengindikasikan: (1) terdapat kendala dalam menilai pemahaman konsep politik mahasiswa karena ketiadaan interaksi pembelajaran formal, (2) program ini belum mampu memberikan pembelajaran setara dengan mata kuliah pendidikan politik dalam pembentukan sikap politik, dan (3) tidak adanya korelasi langsung antara capaian program Kampus Mengajar dengan capaian pembelajaran mata kuliah pendidikan politik. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak universitas dalam merumuskan strategi yang lebih tepat dalam implementasi program MBKM, serta berkontribusi pada pengembangan literatur ilmiah mengenai dampak program ini terhadap pendidikan tinggi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: Nadyla Febriza
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:56
Last Modified: 21 Jan 2025 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74880

Actions (login required)

View Item View Item