JANNAH, MIFTAHUL PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK DI TK B BAITURRARMAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK DI TK B BAITURRARMAH KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (98kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Miftahul Jannah. 2019. “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak di TK Baiturrahmah Kota Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Emosda, M.Pd.,Kons dan Pembimbing (II) Dr. K. A. Rahman, S.Ag.,M.Pd.I. Kata kunci : Sikap Tanggung Jawab, Metode Bercerita Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode bercerita terhadap sikap tanggung jawab anak usia dini di TK Baiturrahmah Kota Jambi. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan Pretest dengan menyebarkan angket sebelum diberi perlakuan berupa metode bercerita. Sikap tanggung jawab adalah melakukan segala sesuatu dengan bersungguh-sungguh dengan berani menanggung segala resiko dari tingkah laku yang dilakukan sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Metode bercerita adalah cara penyampaian kepada orang lain secara lisan agar orang lain tertarik untuk mendengarkannya dan mendapatkan pesan dan nilai-nilai dalam cerita tersebut. Jenis penelitian ini Pre-Eksperimen dengan desain One Gruoup Pretest Posttest. Karena untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Teknik pengambilan sampel menggungkan sampling purposive. Teknik analisis data menggunakan Uji-T dan Uji Hipotesis menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test. Penelitian ini dilaksanakan di TK Baiturrahmah Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah anak TK yang berjumlah 50 anak. Teknik pengambilan sampel menggungkan sampling purposive. Teknik analisis data menggunakan Uji-T dan Uji Hipotesis menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian tes awal dengan nilai rata-rata 47,8 dan tes akhir dengan penyebaran angket 64,65. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan rumus Uji-T diketahui bila tingkat kesalahan 5% thitung > Ttabel (4,381>1,729) . kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang diperoleh diperoleh terdapat pengaruh metode bercerita terhadap sikap tanggung jawab anak usia dini di TK Baiturrahmah Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan taraf signifikan 5%, berdasarkan perhitungan diperoleh Thitung=0 < Ttabel=52, maka Ho ditolak dan Ha dierima. Dibuktikan juga dengan menggunakan rumus Wilcoxon dengan nilai kritis 5%, Zhitung > Ztabel (3,919 > 1,96), Sehingga Ho ditolak Ha diterima.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MIFTAHUL JANNAH |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 03:48 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7503 |
Actions (login required)
View Item |