AFRIANSYAH, ZICO RUSTAMA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI FLASH CARD YANG DILENGKAPI DENGAN GAMBAR PADA MATERI SISTEMATIKA VERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI FLASH CARD YANG DILENGKAPI DENGAN GAMBAR PADA MATERI SISTEMATIKA VERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA.
![]() |
Text
cover.docx Download (235kB) |
![]() |
Text
pengesahan.docx Download (657kB) |
![]() |
Text
daftar isi.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (271kB) |
Abstract
ABSTRAK Zico Rustama Afriansyah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Flash Card yang Dilengkapi dengan Gambar pada Materi Sistematika Vertebrata untuk Siswa Kelas X SMA: Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Asni Johari, M.Si., (II) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Flash Card, Gambar, Sistematika Vertebrata Media pembelajaran sebagai suatu komponen sumber belajar dapat membantu guru dalam proses pembelajaran, sehingga keabstrakan bahan dapat diperjelas dengan kehadiran media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi flash card yang dilengkapi dengan gambar pada materi sistematika vertebrata untuk siswa kelas X SMA. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kota Jambi pada bulan Desember 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Media divalidasi oleh tim ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Validasi dilakukan sebanyak dua kali. Berdasarkan data hasil penelitian, dilakukan analisis data kuantitatif yang kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase akhir 93,75% dalam kategori sangat baik dan validasi oleh ahli media memperoleh persentase akhir 81,25% dalam kategori baik. Persentase pada respon guru yaitu 89,58% dalam kategori sangat baik. Persentase pada uji kelompok kecil memperoleh persentase 80,21% dengan kategori sangat baik dan persentase pada uji kelompok besar memperoleh persentase 89,35% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran Biologi flash card yang dilengkapi dengan gambar pada materi sistematika vertebrata untuk siswa kelas X IPA termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Biologi flash card yang dilengkapi dengan gambar pada materi sistematika vertebrata layak digunakan sebagai media pembelajaran dan disarankan agar guru dapat menggunakan media pembelajaran Biologi flash card pada materi sistematika vertebrata dalam kegiatan pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | ZICO RUSTAMA AFRIANSYAH |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 03:48 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |