FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD IQRA MUARA BULIAN

CAHYATI, WULAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD IQRA MUARA BULIAN. JURNAL FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD IQRA MUARA BULIAN.

[img] Text
cover.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (164kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Cahyati, Wulan. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SD Iqra Muara Bulian: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Arsil, M.Pd., (2) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Iqra Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan kuesioner kepada siswa (sebagai data utama), observasi, wawancara, dan studi dokumentasi (sebagai data penunjang). Kuesioner yang telah diisi oleh siswa kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS bersasal dari faktor internal yang berupa ketertarikan dan keterlibatan siswa dengan persentase sebesar 57,1 %. Kemudian faktor pendekatan belajar dengan persentase sebesar 50,7 % dan terendah adalah pada faktor eksternal dengan perolehan persentase sebesar 45,6 %. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat meningkatkan kemampuan mengajar dengan menerapkan pendekatan dan proeses pembelajaran yang menarik, menggunakan sarana penunjang pembelajaran yang baik, dan meningkatkan minat belajar siswa tidak hanya dari segi faktor internalnya saja tetapi juga faktor eksternalnya. Dengan demikian dapat mengembangkan tidak hanya minat belajar tetapi juga bakat yang dimiliki oleh siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WULAN CAHYATI
Date Deposited: 04 Apr 2019 06:39
Last Modified: 04 Apr 2019 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7509

Actions (login required)

View Item View Item