PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELASVIII DI MTS NEGERI 6 SEBAPO MUARO JAMBI

PUTRI, RESNI HANDINI PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELASVIII DI MTS NEGERI 6 SEBAPO MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELASVIII DI MTS NEGERI 6 SEBAPO MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Resni Handini. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Terpadu Pada Siswa Kelas VIII di MTS Negeri 6 Sebapo Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi.Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna M.Psi (II) Iwan Putra, S.E, M.S.Ak Kata Kunci: Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Budaya Sekolah, Hasil Belajar. Jika hasil belajar siswa tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran tertentu maka siswa tersebut dinyatakan belum mencapai kriteria kelulusan. Jumlah siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sebapo muaro Jambi ada 76 siswa. Hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sebapo Muaro Jambi sebanyak 59 siswa masih berada di bawah standar KKM, yakni, kelas VIII A nilai rata-rata 59,25 dengan siswa 20 orang, VIII C nilai rata-rata 54,1 dengan siswa 20 orang, dan VIII D nilai rata-rata 66,84 dengan siswa 19 orang. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Setelah suatu proses belajar berakhir, maka siswa memperoleh suatu hasil belajar. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Tujuan utama yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran adalah hasil belajar. Hasil belajar digunakan untuk mengetahui sebatas mana siswa dapat memahami serta mengerti materi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 6 Sebapo Muaro Jambi. Subyek dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sebapo Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik total sampling dengan sejumlah sampel untuk penelitian ini adalah 76 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Prosedur penelitian ini meliputi pengumpulan data, pengolahan menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis faktor menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi Hasil koefisien determinasi terlihat bahwa nilai R square sebesar sebesar 0,701. Hal ini berarti bahwa variabel bebas memberikan sumbangan kepada variabel terikat sebesar 70,1% dan sisanya sebesar 29,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu, nilai signifikansinya kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak Hal ini berarti bahwa pemanfaatan fasilitas belajar (X1) dan budaya sekolah (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terbentuk 2 variabel yaitu terdapat pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan budaya sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTs Negeri 6 Sebapo Muaro Jambi. Persamaan regresi diperoleh dengan perhitungan yaitu Y = 0,382 + 0,461X1 + 0,421X2. Maknanya semakin tinggi pemanfaatan budaya sekolah dan budaya sekolah akan berakibat semakin tinggi juga hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah hasil penelitian ini diharapkan siswa menggunakan fasilitas secara optimal dan menerapkan budaya sekolah yang baik dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: RESNI HANDINI PUTRI
Date Deposited: 05 Apr 2019 03:10
Last Modified: 05 Apr 2019 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7527

Actions (login required)

View Item View Item