Pelatihan Menggunakan Mendeley dalam Penulisan Ilmiah bagi Guru SMKN 04 Tanjabtim

Masbirorotni, Masbirorotni and Abrar, Mukhlash and Failasofah, Failasofah and Fajaryani, Nunung and Volya, Duti Pelatihan Menggunakan Mendeley dalam Penulisan Ilmiah bagi Guru SMKN 04 Tanjabtim. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUPEMA), 3 (2). ISSN 3031-108X

[img] Text
eka, nunung, failasofah, aab JUPEMA.pdf

Download (782kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/jupema

Abstract

Sebagai seorang guru tentunya memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, bukan hanya sekedar mengajar di kelas saja. Salah satu tugas lain dari guru ialah mereka harus mampu menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya kepada jurnal-jurnal yang terindeks nasional. Namun, terkadang masih banyak para guru yang belum memahami apa saja persyaratan yang harus diperhatikan pada saat ingin mempublikasikan tulisannya sehingga beberapa jurnal tersebut menolak tulisan yang mereka kirimkan. Hal inilah yang menggugah tim pengabdi untuk melakukan pelatihan menggunakan Reference Management Software (RMS) Mendeley, yang sangat bermanfaat bagi para guru dalam menulis karya ilmiah mengingat bahwa referensi merupakan salah satu syarat yang sangat diperhatikan oleh tim redaksi jurnal ilmiah. Kegiatan ini dilakukan selama satu kali di Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMK N) 04 Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), dengan jumlah peserta sebanyak 28 peserta. Berdasarkan hasil angket, diperoleh bahwa umumnya peserta menulis referensi secara manual dengan persentase sebesar 78.6%. Setelah diberikan pelatihan, seluruh peserta (100%) menyatakan bahwa ternyata dengan menggunakan Mendeley mereka bisa menulis sitasi dengan benar, cepat, efektif, efisien dan akurat. Selain itu mereka juga merekomendasikan menggunaan Mendeley ini kepada rekan kerja nya yang lain. Hasil angket tersebut terlihat bahwa pelatihan ini telah memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan kualitas dan penulisan karya ilmiah peserta. Diharapkan hasil dari pelatihan ini dapat memberikan manfaat yangnyata dalam pengembangan ilmu pengetahuna dan penelitian di kalangan para guru.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Masbirorotni
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:32
Last Modified: 05 Feb 2025 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75323

Actions (login required)

View Item View Item