Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat pada Pedagang Kaki Lima di Area Tugu Keris Siginjai Kota Jambi

Ramadhan, Kurnia (2024) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat pada Pedagang Kaki Lima di Area Tugu Keris Siginjai Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (172kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (915kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kesempatan kerja dan harga sewa pasar tradisional yang tinggi menyebabkan masyarakat di Jambi harus mencari cara lain untuk bertahan hidup, salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh individu adalah mencari pekerjaan di sektor informal, khususnya dengan berperan sebagai pedagang kaki lima (PKL). Terlihat produk yang dijual oleh PKL di sekitar Tugu Keris Siginjai semakin beragam, hal ini menunjukkan bahwa PKL semakin berkembang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kondisi sosial ekonomi masyarakat berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, jumlah kunjungan, alat transportasi yang digunakan, serta alasan membeli makanan dan minuman pada pedagang kaki lima area Tugu Keris Siginjai Kota Jambi dan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor seperti harga, pendapatan konsumen dan daya tarik produk makanan dan minuman terhadap minat beli masyarakat pada pedagang kaki lima makanan dan minuman area Tugu Keris Siginjai Kota Jambi. Data yang digunakan adalah data primer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengajukan kuesioner melalui survei terhadap 97 sampel pada penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Binnary Logistic Regression menggunakan software statistic SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden dengan jumlah 97 orang dengan mayoritas konsumen yang berbelanja di area Tugu Keris Siginjai berjenis kelamin perempuan. Rata-rata responden berusia 26 tahun didominasi dengan pendapatan responden per bulan rata-rata sebanyak Rp.2.900.000 – Rp.4.099.999. Jumlah kunjungan ke Tugu Keris Siginjai dengan frekuensi terendah yaitu 1 kali kunjungan per bulan sebanyak 13 orang sedangkan untuk frekuensi kunjungan tertinggi yaitu 5 kali kunjungan per bulan sebanyak 4 orang yang mana sebagian besar bertujuan untuk rekreasi di Tugu Keris Siginjai. Pada saat mengunjungi Tugu Keris Siginjai kebanyakan responden menggunakan kendaraan pribadi. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel harga terhadap minat beli masyarakat. Minat beli masyarakat di area Tugu Keris Siginjai juga dipengaruhi oleh pendapatan konsumen terkait kemampuan membeli dan prioritas pembelian. Adapun daya tarik produk tidak berpengaruh terhadap minat beli masyarakat pada pedagang kaki lima di area Tugu Keris Siginjai. Job opportunities and high rental prices in traditional markets mean that people in Jambi have to look for other ways to survive. One option that individuals can consider is looking for work in the informal sector, especially by acting as street vendors (PKL). It can be seen that the products sold by street vendors around the Siginjai Keris Monument are increasingly diverse, this shows that street vendors are increasingly developing. So this research aims to determine the characteristics of the socio-economic conditions of the community based on age, gender, income, number of visits, means of transportation used, as well as reasons for buying food and drinks at street vendors in the Tugu Keris Siginjai area, Jambi City and to determine the influence of these factors. such as price, consumer income and the attractiveness of food and beverage products on people's buying interest from food and beverage street vendors in the Tugu Keris Siginjai area, Jambi City. The data used is primary data. The method used in this research is a descriptive analysis method using a quantitative approach by submitting a questionnaire through a survey of the 97 samples in the research. The analytical tool used in this research is Binnary Logistic Regression using SPSS version 25.0 statistical software. The results of this research show that there were 97 respondents with the majority of consumers shopping in the Keris Siginjai Monument area being female. The average respondent is 26 years old, with an average monthly income of IDR 2,900,000 – IDR 4,099,999. The number of visits to the Siginjai Keris Monument with the lowest frequency, namely 1 visit per month, was 13 people, while the highest frequency of visits was 5 visits per month, 4 people, most of which were for recreation at the Siginjai Keris Monument. When visiting the Siginjai Keris Monument, most respondents used private vehicles. Shows that there is an influence between price variables on people's buying interest. People's buying interest in the Tugu Keris Siginjai area is also influenced by consumer income related to purchasing ability and purchasing priorities. The attractiveness of the product has no effect on people's buying interest from street vendors in the Tugu Keris Siginjai area.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pedagang Kaki Lima, Harga, Pendapatan Konsumen, Daya Tarik Produk, Minat Beli Masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Ramadhan
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:49
Last Modified: 07 Feb 2025 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75341

Actions (login required)

View Item View Item