Pengembangan E-LKPD Menggunakan pendekatan TaRL Pada Materi Pecahan Pembilang Satu Kelas IV Sekolah Dasar

Syahrirra, Nessa (2025) Pengembangan E-LKPD Menggunakan pendekatan TaRL Pada Materi Pecahan Pembilang Satu Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (11kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
FINISH SKRIPSI REVISI SIDANG_NESSA SYAHRIRRA_A1D121005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-1.pdf

Download (414kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan produk ELKPD menggunakan Pendekatan TaRL Pada Materi Pecahan Pembilang Satu Kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mengetahui tingkat validitas serta kepraktisan E-LKPD menggunakan Pendekatan TaRL Pada Materi Pecahan Pembilang Satu Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 34/I Teratai. Data Penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media dan validasi bahasa. Kemudian data juga diperoleh dari angket respon guru dan respon peserta didik untuk melihat keterbacaan melalui uji kelompok kecil dan untuk mengetahui tingkat kepraktisan melalui uji kelompok besar pada pengembangan E-LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji validasi dari ahli materi mendapatkan skor persentase 95,5%, yang memasuki kategori sangat valid, validasi dari ahli media memperoleh skor persentase 90,9% yang termasuk dalam kategori sangat valid dan validasi dari ahli bahasa memperoleh skor persentase 95% yang masuk dalam kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru mendapat persentase 90%, yang termasuk kedalam kategori sangat praktis dan hasil angket respon peserta didik 97% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD menggunakan pendekatan TaRL pada materi pecahan pembilang satu yang dikembangkan peneliti memiliki kategori valid dan praktis sehingga secara keseluruhan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Pendekatan TaRL, Materi Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SYAHRIRRA
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:57
Last Modified: 14 Feb 2025 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75463

Actions (login required)

View Item View Item