Ariefah, Hana (0012) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM-PBL MENGGUNAKAN KONTEKS JAMBI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI KESEBANGUNAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang bertujuan untuk: a) Menghasilkan E-Modul dan Modul Berbasis STEM-PBL Menggunakan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Kesebangunan, dan b) Mendeskripsikan kualitas E-Modul STEM-PBL Menggunakan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Kesebangunan. Penelitian ini dilakukan di MTs N 3 Batang Hari pada kelas VII.1. Objek penelitian ini adalah E-Modul STEM-PBL Menggunakan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Kesebangunan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ini menggunakan observasi, angket validitas, praktikalitas dan efektifitas, tes kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji validitas (validasi materi dan desain), uji praktikalitas (uji perorangan dan uji kelompok kecil), dan efektifitas (respon siswa dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa). Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan 26 siswa di kelas VII.1 MTs N 3 Batang Hari. Hasil penelitian ini adalah produk berupa E-Modul berbasis STEM-PBL untuk meningkatkan berpikir kritis pada siswa SMP pada materi Kesebangunan dengan hasil uji validitas pada validasi materi 92% (sangat valid) dan validasi desain 94% (sangat valid). Pada praktikalitas perorangan 92% (sangat praktis) dan praktikalitas kelompok kecil 89% (sangat valid) serta uji efektifitas pada respon siswa 80% (efektif) dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan N-gain sebesar 0,7 (tinggi). E-Modul STEM-PBL Menggunakan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Kesebangunan yang telah dikembangkan dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar pengajar serta menjadi bahan belajar mandiri untuk siswa SMP/MTs kelas VII. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengimplementasikan E-Modul ini dalam skala yang lebih luas guna melihat efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Kemampuan Berpikir Kritis, Kesebangunan, STEM-PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ariefah |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:01 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |